Liga Indonesia

Kebiasaan Robert Rene Alberts, Persib Bakal Depak Ezechiel Musim Depan?

Minggu, 24 November 2019 16:25 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Raksasa Liga 1, Persib Bandung, kemungkinan akan mendepak Ezechiel N'Douassel musim depan, apabila berkaca dari kebiasaan pelatih Robert Rene Alberts.

Kiprah Persib di pentas Liga 1 2019 memang masih panjang. Ada tujuh pertandingan lagi yang harus dimainkan untuk menyelesaikan kompetisi.

Meski akhir Liga 1 2019 masih jauh, persiapan Persib Bandung untuk musim depan sepertinya sudah mulai terbaca dari sekarang. Terutama jika berkaca dari pola transfer yang biasa dilakukan pelatih Robert Rene Alberts.

Jika pola transfer Robert masih sama, Persib kemungkinan akan mendepak penyerang asingnya, Ezechiel N'Douassel, pasca-Liga 1 2019. Maung Bandung pun bakal mengisi posisi yang lowong dengan nama bomber asing baru.

Sejak Liga 1 2017, Robert Rene Alberts selalu gonta-ganti penyerang asingnya. Semua bisa terlihat dalam rekam jejak transfernya semasa masih melatih PSM Makassar dulu.

Liga 1 2017, Robert Rene Alberts mengandalkan nama Reinaldo pada lini serang PSM Makassar, namun bomber asal Brasil itu hanya bertahan setengah musim saja meski sempat mencetak sembilan gol dari sembilan penampilan. Dia hijrah ke Persija Jakarta.

Robert lantas mengganti peran Reinaldo dengan penyerang asal Uzbekistan, Pavel Purishkin, untuk mengarungi sisa musim Liga 1 2017. Pavel hingga akhir Liga 1 2017 total tampil dalam 13 laga dan hanya bisa mencetak empat gol.

Memasuki musim baru Liga 1 2018, Robert kembali punya penyerang asing baru untuk PSM Makassar, yakni Bruce Djite. Sayangnya, sang bomber asal Australia cuma bertahan setengah musim dan tak bisa mencetak satu pun gol dari sembilan penampilan.

Mencari pengganti Bruce Djite, kebijakan Robert Rene Alberts merekrut penyerang Hong Kong keturunan Brasil, Sandro. Setengah musim bersama, Sandro total mencetak empat gol dari 11 penampilan.

Cermati lagi kisah transfer Robert bersama PSM Makassar di atas. Pola transfer sang pelatih sudah merekrut empat penyerang asing dalam kurun waktu dua musim saja.

Mungkin hal yang sama akan terulang ketika gelaran Liga 1 2019 berakhir nanti. Penyerang asal Turkmenistan, Artur Gevorkyan, sudah lebih dulu didepak dari Persib Bandung pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2019.

Artur Gevorkyan lantas diganti dengan penyerang asal Belanda, Kevin van Kippersluis. Kebetulan Robert Rene Alberts selalu betah dengan pemain negerinya (semasa di PSM, Wiljan Pluim dan Marc Klok selalu dipertahankan), sehingga membuat posisi Ezechiel bisa saja terancam musim depan.

Apalagi sejak awal musim Liga 1 2019, ada banyak permintaan publik pendukung Bobotoh yang meminta agar Ezechiel  N'Douassel didepak. Semakin besar saja peluang striker asal Chad ini untuk benar-benar pergi dari Persib Bandung musim depan.

Namun, perlu diingat, semua gambaran ini hanyalah perkiraan semata. Segala kemungkinan masih bisa terjadi, tergantung bagaimana kebijakan Robert Rene Alberts dan manajemen Persib Bandung ke depannya.