Liga Inggris

Arteta Dirumorkan ke Arsenal, Guardiola: Dia akan Jadi Pelatih

Selasa, 26 November 2019 04:30 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Getty Image
Pelatih Man City, Pep Guardiola dan asistennya, Mikel Arteta. Copyright: © Getty Image
Pelatih Man City, Pep Guardiola dan asistennya, Mikel Arteta.

FOOTBALL265.COM - Manajer klub Liga Inggris, Manchester City, Pep Guardiola mengakui bahwa asisten pelatihnya, Mikel Arteta akan menjadi pelatih kepala cepat atau lambat di tengah rumor pemecatan Unai Emery di Arsenal.

Pemecatan Unai Emery oleh Arsenal memang makin santer terdengar usai hasil imbang 1-1 dengan Southampton di matchday ke-13 Liga Inggris, Sabtu (23/11/19) lalu.

Dengan hasil imbang itu, Arsenal mencatat tanpa kemenangan dalam enam pertandingan beruntun, di mana itu adalah yang terburuk dalam 20 tahun sejarah klub.

Oleh karena itu, nama Arteta pun muncul menjadi kandidat terdepan untuk mengisi kursi manajer Arsenal jika Emery dipecat.

Kita tahu sendiri bahwa Arteta merupakan salah satu gelandang yang lugas di Arsenal semasa dirinya masih bermain dari tahun 2011 sampai 2016 lalu. Dia bahkan menjadikan Arsenal klub terakhirnya sebelum pensiun.

Tak lama setelah pensiun, Arteta pun diajak Guardiola ke Manchester City untuk menjadi asisten pelatihnya hingga kini. Guardiola yang paham dengan kualitas Arteta di manajerial, akhirnya buka suara terkait rumor tersebut.

"Tentu saja dia akan menjadi manajer cepat atau lambat. Jika saya ada di posisinya, sebagai seorang asisten pelatih di usia yang begitu muda, tentu saja dia akan jadi pelatih yang hebat," ucap Guardiola dilansir dari Independent.

Tapi ketika ditanya lebih lanjut soal peluang Arteta menjadi manajer Arsenal dalam waktu dekat, Guardiola ogah menjawab.

"Sekarang kami ingin fokus mengakhiri musim ini dan di masa depan, tidak ada yang tahu apa yang terjadi," tutupnya.

Sekadar informasi, ternyata bukan kali ini saja Arteta dirumorkan menjadi kandidat manajer Arsenal. Pada musim panas 2018 lalu, dia sempat digadang-gadang menjadi pengganti ideal Arsene Wenger.

Tapi pada akhirnya, Arsenal menunjuk Unai Emery untuk menggantikan Wenger, bukan Arteta. Mereka pun harus puas mengakhiri musim di peringkat kelima klasemen Liga Inggris 2018/19 lalu.