In-depth

Sosok Kunci di Balik Garangnya Timnas Kamboja di SEA Games 2019

Jumat, 6 Desember 2019 11:32 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© neuck.com/
Keo Sokpheng, 'Si Ronaldo Kamboja' yang Jadi Mimpi Buruk Malaysia di SEA Games 2019 Copyright: © neuck.com/
Keo Sokpheng, 'Si Ronaldo Kamboja' yang Jadi Mimpi Buruk Malaysia di SEA Games 2019

FOOTBALL265.COM - Kamboja ternyata memang memiliki sejumlah sosok kunci yang berperan dalam meningkatkan kualitas tim di SEA games 2019.

Suporter Malaysia terlihat sangat tidak puas usai negaranya tidak lolos ke babak semifinal SEA Games 2019. Tim asuhan Ong Kim Swee itu tak lolos ke babak semifinal usai takluk 1-3 dari Kamboja di laga terakhir grup A, Rabu (04/12/19).

Tersingkirnya Malaysia dari Kamboja pun sangat menyakitkan. Sebabnya, Kamboja memiliki reputasi sebagai negara yang sering dibantai telak dalam gelaran SEA Games. 

Namun, pada gelaran tahun ini, mereka berkembang pesat. Timnas Kamboja U-23 sukses mengukir sejarah baru dengan lolos ke babak semifinal untuk pertama kalinya di cabor sepak bola SEA Games. 

Kamboja melenggang ke semifinal bertemu Vietnamn usai meraup tujuh poin dan unggul selisih gol atas Filipina di posisi ketiga Grup A dengan poin yang sama. 

Kebangkitan Timnas Kamboja pun tak hanya terjadi begitu saja. Kamboja ternyata memang memiliki sejumlah sosok kunci yang berperan dalam meningkatkan kualitas tim. 

CR7 di Tim Kamboja

Timnas Vietnam sepertinya harus memikirkan dengan serius cara untuk mengalahkan tim Kamboja. Pasalnya, di Timnas Kamboja U-23 saat ini terdapat sosok "Cristiano Ronaldo'. 

Ya, di Kamboja terdapat pemain bernama Keo Sokpheng. Sokpheng bukan pemain sembarangan karena ia memiliki julukan 'Ronaldo dari Kamboja'.

Pada SEA Games 2019 ini Keo Sokpheng tampil paling impresif bagi skuat Kamboja. Ia mencetak tiga gol di babak penyisihan termasuk gol penting ke gawang Malaysia U-23 dan Filipina U-23. 

Dengan penampilan hebat Keo Sokpheng, Kamboja pun lolos ke babak semifinal untuk menantang Vietnam. 

Yang tak kalah impresif, Keo Sokpheng juga bisa membantu tim mengalahkan Vietnam dengan cara yang tak biasa. Keo Sokpheng terungkap merupakan pemain berdarah campuran Vietnam

Sokpheng besar di Vietnam sampai usia 14 tahun. Ia dilahirkan oleh ibu seorang Vietnam. 

Namun, Sokpheng memutuskan untuk membela Timnas Kamboja. Dalam pertemuan terakhir melawan Vietnam, Sokpheng menjadi 'mata-mata' ampuh karena mampu menerjemahkan instruksi tim kepelatihan Vietnam dari pinggir lapangan. 

Cara ini pun kemungkinan bakal kembali digunakan Sokpheng di laga semifinal nanti. 

Juru Racik Muda Argentina

Sosok Argentina bernama Felix Dalmas berperan penting dalam kebangkitan Kamboja di SEA Games 2019 ini. Felix Dalmas merupakan pelatih dari Timnas Kamboja

Kedatangan Felix Dalmas di Kamboja bersama juga dengan Keisuke Honda memberikan kemajuan berarti pada tim. Awalnya, ia menjadi asisten Honda di Piala AFF 2018. 

Kini ia memiliki peran lebih dalam memimpin armada Kamboja sampai ke semifinal SEA Games 2019. Bahkan, pelatih yang masih berusia 31 tahun itu menegaskan keyakinannya untuk merebut medali emas. 

Pelatih Kamboja, Felix Dalmas, menegaskan jika dirinya tidak takut terhadap Timnas Indonesia U-23, Thailand, dan Vietnam karena baginya kehadiran skuatnya di SEA Games 2019 hanya untuk mengincar medali Emas.

Mari kita tunggu saja kirpah Timnas Kamboja di semifinal SEA Games 2019 melawan Vietnam. Akankah kisah ajaib Kamboja berlanjut?