Bola Internasional

Piala AFC 2020: PSM Ditantang Juara Timor Leste di Babak Play Off

Selasa, 10 Desember 2019 17:09 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media PSM Makassar
Suasana drawing Piala AFC 2020 di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (10/12/19). Copyright: © Media PSM Makassar
Suasana drawing Piala AFC 2020 di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (10/12/19).

FOOTBALL265.COM - PSM Makassar harus melewati adangan juara Liga Futebol Amadora Primeira Divisao Timor Leste, Lalenok United FC, pada babak play off Piala AFC 2020.

Pasukan Ramang bakal bertemu sebanyak dua kali dengan wakil Timor Leste tersebut. Setelah babak play off Piala AFC 2020 menggunakan format home and away.

Klub berlogo perahu pinisi ini akan bertamu terlebih dahulu pada 22 Januari 2020 nanti. Namun, berdasarkan pengakuan media officer, venue leg pertama belum ditentukan.

"Ada kemungkinan Lalenok United tidak berkandang di Dili, Timor Leste, jika stadionnya tidak lolos kualifikasi. Kemungkinan akan bermain di Malaysia," kata media officer PSM, Sulaiman Abdul Karim, Selasa (10/12/19).

Sementara itu, PSM dipastikan kembali memakai Stadion Pakansari, Bogor, sebagai kandang selama berkiprah di Piala AFC 2020. Termasuk saat melakoni leg kedua babak play off pada 29 Januari 2020 nanti.

Pada kesempatan yang lain, CEO Munafri Arifuddin optimistis mampu melewati adangan Lalenok United. Sebab PSM telah memiliki pengalaman berkiprah di Piala AFC edisi tahun ini.

"Dengan pengalaman yang didapatkan tahun ini, kami optimis lolos ke penyisihan grup. Kami pun akan mempersiapkan tim dengan cepat," tutur Munafri.

Jika berhasil lolos pada babak play off, baik PSM maupun Lalenok United bakal bergabung ke grup H Piala AFC 2020. Di mana mereka telah ditunggu wakil Filipina, Kaya FC Iloilo.

Selain itu, ada juga wakil dari Singapura yang diperebutkan oleh Tampines Rovers dan Geylang United. Serta Shan United dan Ayeyawady FC yang bertarung memperebutkan jatah sebagai wakil dari Myanmar.

PSM Makassar lolos ke Piala AFC 2020 setelah keluar sebagai juara Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19. Mereka mengalahkan Persija Jakarta di final dengan skor agregat 2-1.

Piala AFC 2020 sendiri menjadi keikutsertaan kedua PSM pada kompetisi antar klub level dua di Asia, serta penampilan yang keenam di ajang kompetisi antar klub Asia. Mereka sebelumnya empat kali mengikuti Liga Champions Asia.

Adapun PSM berhasil menjadi juara grup H Piala AFC 2019 dengan raihan 14 poin dan tanpa kalah. Sayang, langkah mereka terhenti di semifinal zona Asia Tenggara oleh wakil Vietnam, Becamex Binh Duong.