Liga Indonesia

Bintang U-23 Liga 1 Pekan Ini: Osvaldo Haay, Sang Penakluk Macan Kemayoran

Rabu, 18 Desember 2019 11:39 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Osvaldo Haay menjadi aktor kemenangan Persebaya Surabaya atas Persija Jakarta pada lanjutan laga pekan ke-33 Liga 1 2019, Selasa (17/12/19) malam. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Osvaldo Haay menjadi aktor kemenangan Persebaya Surabaya atas Persija Jakarta pada lanjutan laga pekan ke-33 Liga 1 2019, Selasa (17/12/19) malam.

FOOTBALL265.COM – Osvaldo Haay menjadi aktor kemenangan Persebaya Surabaya atas Persija Jakarta pada lanjutan laga pekan ke-33 kompetisi sepak bola Shopee Liga 1 2019, Selasa (17/12/19) malam. Dalam laga tersebut, Osvaldo sukses mencatatkan satu gol dan satu assist.

Osvaldo, yang baru saja menyelesaikan tugas negara bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2019, langsung dipercaya bermain sejak menit pertama oleh pelatih Aji Santoso. Bersama David da Silva dan Diogo Campos, pemain 22 tahun itu menjadi tumpuan serangan Persebaya.

Berlaga di hadapan puluhan ribu pendukung Persija yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, sama sekali tak menyiutkan nyali seorang Osvaldo Haay. Tampil percaya diri, Osvaldo hanya butuh delapan menit untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Pemain kelahiran Jayapura itu membawa Persebaya unggul cepat di babak pertama setelah bekerjasama dengan David da Silva. Berawal dari aksi solo Da Silva yang menembus pertahanan Persija, penyerang asal Brasil itu kemudian mengirimkan umpan matang yang diselesaikan secara sempurna oleh Osvaldo.

Tak berhenti sampai di situ, Osvaldo Haay kembali menciptakan prahara bagi Persija pada menit ke-24. Sodoran ringan Osvaldo setelah menerima umpan lambung Abu Rizal Maulana berhasil dikonversi menjadi gol oleh Diogo Campos.

Setelah gol kedua Persebaya yang dicetak oleh Diogo Campos, Persija kemudian memperkecil kedudukan lewat eksekusi penalti Marko Simic pada menit ke-30. Namun, hingga akhir laga, Bajul Ijo tetap unggul 2-1 atas Macan Kemayoran.

Khusus bagi Osvaldo Haay, penampilannya pada laga kali ini benar-benar layak mendapat pujian. Tak hanya sukses mencatatkan satu gol dan satu assist, Osvaldo juga menunjukkan etos kerja tinggi hampir sepanjang laga.

Meski ditempatkan di posisi penyerang sayap, Osvaldo turut aktif menjaga pertahanan timnya ketika Persija melancarkan serangan. Pemain yang memulai karier bersama Persipura Jayapura itu juga tak segan turun jauh ke bawah untuk menjemput bola.

Berkat penampilan gemilang Osvaldo Haay, Persebaya pun sukses menaklukkan Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kemenangan tersebut melambungkan posisi Bajul Ijo ke peringkat tiga klasemen sementara Liga 1 2019.