Liga Indonesia

Jelang Final Liga 1 Putri, Tira Persikabo: Persib Lebih Diuntungkan!

Kamis, 19 Desember 2019 20:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Tira-Persikabo putri dipastikan tampil di partai final Liga 1 putri 2019. Tim berjuluk Modjang Pajajaran ini akan menantang Persib Bandung putri. Copyright: © INDOSPORT
Tira-Persikabo putri dipastikan tampil di partai final Liga 1 putri 2019. Tim berjuluk Modjang Pajajaran ini akan menantang Persib Bandung putri.

FOOTBALL265.COM - Tira-Persikabo putri dipastikan tampil di partai final Liga 1 Putri 2019. Tim berjuluk Modjang Pajajaran ini akan menantang Persib Bandung putri.

Tira-Persikabo dijadwalkan bertandang lebih dahulu ke markas Persib Bandung pada Minggu (22/12/19). Sepekan kemudian baru Tira Persikabo menjamu Persib Bandung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Menghadapi Persib Bandung, Tira Persikabo menilai sang lawan lebih diuntungkan. Sebab Persib sudah mengetahui akan tampil di final lebih dahulu.

Sehingga Persib diyakini sudah melakukan persiapan lebih dahulu. Hal ini setidaknya diutarakan oleh General Manajer Tira Persikabo, Esti Puji Lestari.

"Karena sudah pasti lawan kita Persib Bandung, mereka sudah lebih siap. Karena mereka sudah tahu kepastian lolos di final sejak lama," ucap Esti.

Memang Persib memastikan diri tampil di final sejak lama. Tepatnya setelah mereka menaklukkan Arema FC di babak semifinal.

Sementara untuk Tira Persikabo, mereka masih harus menanti kepastian. Sebab langkah mereka menuju final diwarnai sedikit intrik.

Yakni permasalahan dengan Persipura Jayapura. penentuan Tira Persikabo ke babak final memang sedikit diwarnai polemik. Yakni dari dua kali pertemuan skor keduanya imbang 6-6.

Persipura berhasil mengalahkan Tira Persikabo dengan skor 5-4 di Stadion Pakansari. Kemudian, pada leg kedua di Stadion Cenderawasih, PS Tira berhasil menang 2-1 pada waktu normal.

Bila mengacu dalam aturan fase gugur, Persipura memang berhak lolos. Namun di babak semifinal, PSSI melalui surat nomor 5308/AGB/1641/XII-2019 tertanggal 4 Desember 2019, menyebut tidak ada aturan gol tandang untuk laga semifinal dan final yang berlangsung dua leg.

Atas dasar ini, Persipura Jayapura sempat mogok bertanding. Mereka enggan melanjutkan laga ke babak adu penalti. Terkait hal ini, Esti pun mencoba memberikan simpati untuk Persipura. Baginya  Persipura masih memiliki kesempatan di Liga 1 putri musim depan.

"Untuk Persipura bisa lapang dada dan musim depan kita bisa menciptakan kompetisi yang bersih dan sehat," pungkasnya.

Esti Puji Lestari juga menambahkan bahwa sejatinya ia tidak mau Tira-Persikabo Putri melenggang ke final Luga 1 putri dengan cara seperti ini, melainkan secara normal ditentukan di atas lapangan hijau.