Liga Indonesia

Rumor Transfer Liga 1: Persija Cari Pengganti Ismed, Comvalius ke Persita

Minggu, 22 Desember 2019 12:03 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Sylvano Comvalius, dikabarkan menjadi incaran Persita Tangerang jelang bursa transfer Liga 1 2020. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Sylvano Comvalius, dikabarkan menjadi incaran Persita Tangerang jelang bursa transfer Liga 1 2020.

FOOTBALL265.COM – Rekap rumor transfer Liga 1 Indonesia pada hari ini, Minggu (22/12/19), diwarnai dengan rencana Persija Jakarta mencari sosok pengganti Ismed Sofyan.

Seperti yang diketahui, kompetisi Liga 1 2019 akan berakhir pada akhir pekan ini. Wajar jika sejumlah klub diterpa rumor kepindahan atau kedatangan pemain.

Terlebih, klub yang memiliki nama besar seperti Persija bakal selalu dirumorkan untuk mendatangkan beberapa pemain jelang kompetisi Liga 1 2020 mendatang.

Sejauh ini, beberapa klub Liga 1 2019 telah memastikan untuk melepas pemain bintangnya sebelum bursa transfer dibuka. Tim tersebut salah satunya adalah Kalteng Putra yang melepas Rafael Bonfirm.

Selain Kalteng Putra dan Persija, ada beberapa tim Liga 1 lain yang memiliki rumor transfer. Berikut INDOSPORT merekap rumor bursa transfer Liga 1 hari ini.

Persija Jakarta

© Ronald Seger/INDOSPORT
Bek Kalteng Putra, Kevin Gomes (kanan) berusaha mengadang bek PSS Sleman, Bagus Nirwanto dalam laga Shopee Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (18/10/19). Copyright: Ronald Seger/INDOSPORTBek Kalteng Putra, Kevin Gomes (kanan) berusaha mengadang bek PSS Sleman, Bagus Nirwanto dalam laga Shopee Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (18/10/19).

Persija Jakarta dikabarkan siap mencari pengganti Ismed Sofyan di sisi kanan pertahanan. Menurut laporan Indostransfer, Macan Kemayoran mengincar kapten PSS Sleman, Bagus Nirwanto.

Bek kanan berusia 26 tahun tersebut memang tampil cukup konsisten di sepanjang Liga 1 2019. Bagus Nirwanto tampil sebanyak 25 kali dan berhasil menyumbangkan satu assist.

PSM Makassar

Masih dari sumber yang sama, PSM Makassar dikabarkan bakal mendatangkan gelandang asal Belanda Barry Maguire sebelum kompetisi Liga 1 2020 digelar.

PSM pun nyatanya memiliki peluang yang cukup besar untuk mendatangkan Maguire. Karena pada Januari mendatang, sang pemain tak lagi memiliki klub.

Itu terjadi ketika Maguire tak mendapatkan perpanjangan kontrak dari klub Singapura, yakni Geylang International FC.  

Barito Putera

© psbaritoputeraofficial
Rafael Da Silva melakukan selebrasi pada laga melawan Persela Lamongan. Copyright: psbaritoputeraofficialRafael Da Silva melakukan selebrasi pada laga melawan Persela Lamongan.

Pemain asing Rafael Silva dikabarkan bakal meninggalkan Barito Putera setelah manajemen klub tak memperpanjang kontraknya.

Bahkan Rafael Silva telah mengucapkan salam perpisahan di akun media social pribadinya. Ia mengatakan bahwa laga melawan Arema FC akan menjadi pertandingan terakhirnya.

“Besok (hari ini, red) akan menjadi pertandingan terakhir saya bersama Barito. Sebuah kebanggaan bagi saya menikmati liga berkostum Barito,” tulisnya.

Badak Lampung

© a-league.com
Pemain Central Coast Mariners, Antony Golec. Foto: a-league.com Copyright: a-league.comPemain Central Coast Mariners, Anthony Golec. Foto: a-league.com

Badak Lampung dilaporkan akan melepas Anthony Golec pada akhir Liga 1 2019. Badak Lampung memang diharuskan melepas Golec, mengingat Liga 2 tak memperbolehkan adanya pemain asing.

Menurut laporan Indostransfer, pemain bertahan berkebangsaan Australia tersebut bakal menetap di Indonesia untuk mencari pelabuhan baru. Namun sejauh ini belum ada klub yang secara terang-terangan ingin merekrutnya.

Persita Tangerang

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Sylvano Comvalius saat peluang golnya gagal. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSylvano Comvalius saat peluang golnya gagal.

Klub promosi Liga 1 2020 Persita Tangerang diisukan siap mendatangkan Sylvano Comvalius. Sang striker dikabarkan akan bereuni dengan pelatih Widodo Cahyono Putro di Persita.

Seperti yang diketahui, Widodo dan Comvalius sama-sama pernah bekerja di Bali United pada Liga 1 2017. Saat itu, mereka berhasil mencatatkan torehan fantastis.

Menanggapi hal tersebut, manajer Persita, Nyoman Suryanthara lantas memberikan penjelasan bahwa kedua pihak belum membuka komunikasi.

"Hanya rumor dan sah-sah saja. Mungkin Comvalius dikaitkan akan reuni dengan coach Widodo. Sejauh ini kita belum ada pembicaraan kepada pemain tersebut," tuturnya.