Liga Indonesia

3 Kerugian Persib Bandung Jika Datangkan Saddil Ramdani

Rabu, 8 Januari 2020 15:32 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Saddil Ramdani dirumorkan akan segera merapat ke klub Liga 1 Persib Bandung. Selain keuntungan, penggawa Timnas Indonesia itu juga bisa menghadirkan kerugian. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Saddil Ramdani dirumorkan akan segera merapat ke klub Liga 1 Persib Bandung. Selain keuntungan, penggawa Timnas Indonesia itu juga bisa menghadirkan kerugian.

FOOTBALL265.COM - Saddil Ramdani dirumorkan akan segera merapat ke klub Liga 1 Persib Bandung. Selain, keuntungan penggawa Timnas Indonesia itu juga bisa menghadirkan kerugian.

Setelah sempat dikaitkan dengan Persija Jakarta, winger Timnas Indonesia Saddil Ramdani kini justru dirumorkan akan merapat ke Persib Bandung.

Rumor transfer terkait pemain 21 tahun itu sendiri berawal dari unggahannya di media sosial Instagram, di mana dirinya kedapatan sedang dalam perjalanan dari Jakarta menunju Bandung menggunakan kereta.

Dengan kualitas yang dimilikinya, Saddil Ramdani tentu bisa menghadirkan banyak keuntungan buat Persib Bandung. Namun di luar itu, beberapa kerugian kemungkinan besar juga harus siap dialami klub berjuluk Pangeran Biru itu.

Apa saja, berikut INDOSPORT merangkumkan.

Febri Haryadi

Jika sampai Saddil Ramdani benar jadi didatangkan, maka artinya Persib Bandung akan memiliki dua winger kanan yang sama kualitasnya di mana sebelumnya sudah ada Febri Hariyadi.

Hal itu memang menguntungkan, namun bisa juga merugikan. Sebab, tentu salah satu harus dikorbankan, entah itu Saddil maupun Febri.

Salah satunya kemungkinan harus mengalah dengan beroperasi di sektor kiri, posisi yang bukan merupakan tempat ideal mereka. Dengan itu, peluang untuk mereka tampil optimal pun akan berkurang. 

Selain itu, gaya permainan Saddil yang cenderung banyak menggiring bola sendiri juga bisa menjadi kerugian. Terutama jika dirinya ditandemkan dengan Febri di winger kiri. Dengan gaya yang sama, keduanya sangat mungkin merusak pola permainan kolektif Persib Bandung.

Tetapi semua itu memang masih akan sangat dipengaruhi seberapa mampu pelatih Robert Rene Albert memberi arahan kepada Saddil dan Febri.

Kebanyakan Winger

Dengan datangnya Saddil Ramdani, kerugian lainnya dalah skuat Persib Bandung akan semakin kebanjiran pemain di sektor winger. Seperti diketahui sebelumnya ada Ghozali Siregar, Frets Butuan, Erwin Ramdani hingga Esteban Vizcarra. 

Dengan kedatangan Saddil, kesempatan bermain mereka tentu akan berkurang. Dan buat Persib Bandung tentu itu hal merugikan. Bukan hanya perihal harga, namun juga perihal kuota pemain yang sebenarnya bisa dialokasikan ke sektor lain.

Timnas Indonesia

Kerugian di depan mata lainnya untuk Persib Bandung dengan kedatangan Saddil adalah mereka harus siap sering kehilangan eks Persela Lamongan itu. 

Sebab, seperti diketahui, Saddil adalah salah satu pemain Indonesia yang paling sibuk di Timnas. Dirinya masuk ke dalam beberapa level timnas, dari junior hingga senior tahun lalu.

Kedatangan Saddil juga semakin menguatkan peluang Persib Bandung kehilangan banyak pemain saat dipanggil Timnas. Hal itu berpotensi terjadi seperti Liga 1 2019 lalu, dan tentu sangat merugikan disaat Persib Bandung sangat membutuhkan poin nantinya.