Liga Italia

Sukses Rekrut Eriksen, Antonio Conte Bakal Terapkan Formasi 3 Penyerang?

Kamis, 30 Januari 2020 10:38 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, mulai memikirkan formasi yang cocok untuk skuatnya setelah raksasa Serie A Liga Italia itu merekrut Christian Eriksen. Copyright: © Getty Images
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, mulai memikirkan formasi yang cocok untuk skuatnya setelah raksasa Serie A Liga Italia itu merekrut Christian Eriksen.

FOOTBALL265.COM - Pelatih sepak bola Inter Milan, Antonio Conte, mulai memikirkan formasi yang cocok untuk skuat asuhannya setelah raksasa Serie A Liga Italia itu sukses merekrut Christian Eriksen dari Tottenham Hotspur di bursa transfer Januari 2020.

Pada 28 Januari 2020 yang lalu, Inter Milan memang telah resmi memboyong gelandang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen, ke Giuseppe Meazza dengan biaya transfer sebesar 16,9 juta poundsterling atau sekitar Rp300 miliar untuk kontrak sampai 30 Juni 2024 mendatang.

Setelah resmi berseragam Inter dengan mengenakan nomor punggung 24, gelandang asal Denmark itu tampil dalam laga debutnya di Coppa Italia 2020 melawan Fiorentina. Eriksen masuk pada menit ke-66 menggantikan Alexis Sanchez.

Meski dirinya tidak mencetak gol atau menyumbang assist, tapi Inter bisa menang dengan skor 2-1. Ia pun mendapat pujian dari sang pelatih, Antonio Conte, yang juga mengatakan bahwa ia menjajaki kemungkinan untuk menggunakan formasi tiga penyerang seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Football Italia.

"Eriksen punya karakter dan mampu meningkatkan kualitas skuat ini. Saya berharap para pemain yang masih belum fit bisa segera tampil. Karena, lini tengah kami benar-benar kekurangan pemain," ujar eks pelatih Chelsea tersebut.

"Kami mencoba menggunakan sistem trequartista hari ini untuk menyeimbangkan lini tengah yang tidak diperkuat Stefano Sensi dan Marcelo Brozovic. Eriksen bisa bermain di posisi yang berbeda dan kami akan mencoba memaksimalkan hal itu, meski tentu, butuh proses," lanjutnya.

"Kemungkinan, kami malah akan mencoba untuk menggunakan tiga striker. Karena, saya benar-benar sangat khawatir dengan lini tengah yang sedang bermasalah itu," pungkasnya.

Dari ucapan Conte tersebut, ia memiliki pemikiran untuk menggunakan tiga striker, dengan harapan bisa menurunkan jumlah gelandang yang harus mengisi lini tengah. Di laga melawan Fiorentina tersebut, Conte menggunakan formasi 3-4-1-2. Kemungkinan, ia akan mengubahnya menjadi 3-4-3 atau apapun yang menggunakan tiga penyerang.

Namun, hal itu hanya akan dilakukan selama lini tengah raksasa Serie A Liga Italia itu masih bermasalah. Jika Sensi dan Brozovic bisa kembali tampil, tentu Antonio Conte akan kembali menggunakan formasi dua penyerang seperti 3-5-2 atau bahkan tetap mempertahankan skema 3-4-1-2.