Liga Champions

Jika 1 Hal Ini Terjadi, Manchester United Terancam Gagal Ikut Liga Champions 2020/21

Selasa, 11 Februari 2020 09:43 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Freedom Online
Eks Manchester United, Mark Bosnich, mengatakan satu hal krusial yang berpotensi memupuskan impian Setan Merah untuk berlaga di Liga Champions musim depan. Copyright: © Freedom Online
Eks Manchester United, Mark Bosnich, mengatakan satu hal krusial yang berpotensi memupuskan impian Setan Merah untuk berlaga di Liga Champions musim depan.

FOOTBALL265.COM - Mantan pemain sepak bola Manchester United, Mark Bosnich, mengatakan satu hal krusial yang berpotensi memupuskan impian Setan Merah untuk bisa berlaga di Liga Champions musim depan (2020-2021).

Liga Champions adalah kompetisi sepak bola paling elit di Eropa. Sehingga, hanya tim-tim papan atas yang bisa ikut berpartisipasi dalam perhelatan sarat gengsi tersebut. Biasanya, klub-klub yang bisa finis di posisi empat besar atau dua besar (di beberapa liga domestik) yang berhak lolos.

Di Liga Inggris, zona empat besar (posisi satu sampai posisi empat) adalah zona yang membuat tim-tim penghuninya melaju ke Liga Champions. Sampai pekan ke-25 di musim ini, Liverpool, Manchester City, Leicester City, dan Chelsea yang punya peluang untuk ikut Liga Champions musim depan lantaran mereka menempati posisi empat besar.

Namun, posisi tersebut masih bisa digeser oleh klub Liga Inggris lainnya. Sehingga, tugas Liverpool, Manchester City, Leicester, dan Chelsea, adalah menjaga posisi mereka di zona empat besar sampai musim 2019/20 berakhir. Ini adalah tugas berat, mengingat perhelatan Liga Inggris musim ini makin sengit.

Meski demikian, tugas yang paling berat ada di 'pundak' Chelsea. Klub yang berjuluk The Blues itu berada di peringkat empat yang merupakan zona terakhir untuk ke Liga Champions, dengan torehan 41 poin. Sehingga, tim asuhan Frank Lampard itulah yang menjadi incaran klub-klub lain untuk disingkirkan.

Salah satu klub yang diwajibkan untuk mengudeta posisi mereka adalah Manchester United. Klub yang dilatih Ole Gunnar Solskjaer itu memang tak segarang musim lalu. Sampai pekan ke-25 di kancah domestik, mereka hanya mampu menempati posisi delapan dengan 35 poin, hasil dari sembilan kali menang, delapan kali imbang, dan delapan kali kalah.

Situasi ini ternyata membuat mantan kiper mereka, Mark Bosnich, memberikan nasehat. Melansir dari laman portal berita olahraga Goal, sosok yang kini sudah berusia 48 tahun itu mengatakan bahwa Setan Merah wajib menyingkirkan Chelsea di posisi empat dengan cara memenangkan laga kontra The Blues.

"Mereka (Manchester United) jangan sampai kalah (oleh Chelsea). Jaraknya jadi makin lebar kalau mereka kalah. Saat ini, jarak mereka masih belum begitu jauh. Apalagi, Chelsea juga sedang khawatir karena Tottenham terus menempel ketat posisi mereka," ujar Bosnich.

Manchester United sendiri memang akan menghadapi Chelsea pada pekan ke-26 Liga Inggris musim ini di Stamford Bridge. Menjalani laga tandang, tentu ini merupakan tugas berat bagi Ole Gunnar Solskjaer dan skuatnya. Padahal, mereka punya niat kuat untuk bisa lolos ke Liga Champions musim depan.

Meski demikian, kedua tim sama-sama mengalami penurunan performa dalam lima laga terakhir dengan satu kemenangan saja. Dengan situasi ini, Solskjaer bisa mencoba untuk mencari kelemahan Chelsea demi mengalahkan mereka. Jika Setan Merah sukses memetik tiga poin, jarak keduanya di klasemen hanya tiga poin saja.