Liga Spanyol

Mengenal Siapa Martin Braithwaite dan Seberapa Pantaskah Berseragam Barcelona

Jumat, 21 Februari 2020 15:23 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© fcbarcelona.com
Martin Braithwaite secara resmi didatangkan klub LaLiga Barcelona untuk menggantikan peran Ousmane Dembele yang mengalami cedera panjang. Berikut profilnya. Copyright: © fcbarcelona.com
Martin Braithwaite secara resmi didatangkan klub LaLiga Barcelona untuk menggantikan peran Ousmane Dembele yang mengalami cedera panjang. Berikut profilnya.

FOOTBALL265.COM - Martin Braithwaite secara resmi didatangkan klub LaLiga Spanyol, Barcelona, untuk menggantikan peran Ousmane Dembele yang mengalami cedera panjang. Berikut profilnya.

Federasi Sepak bola Spanyol memberikan izin untuk Barcelona mendatangkan pemain meski bursa transfer musim dingin telah ditutup menyusul cedera panjang yang dialami Luis Suarez dan Ousmane Dembele.

Dengan syarat bahwa pemain yang didatangkan adalah dari sesama klub LaLiga Spanyol, Barcelona pun memilih untuk mendatangkan pemain Leganes, Martin Braithwaite.

Ditebus dengan harga 18 juta Euro atau sekitar Rp263 Miliar, kedatangan Martin Braithwaite ke Barcelona mungkin meninggalkan tanda tanya sebagian penikmat sepak bola di Indonesia, siapa sebenarnya pria 28 tahun itu dan seberapa menjanjikannya untuk memperkuat klub juara bertahan LaLiga Spanyol itu.

Martin Braithwaite

Seperti disebutkan di atas, Martin Braithwaite adalah pemain yang didatangkan Barcelona dari sesama klub LaLiga Spanyo, Leganes.

Namun, di Leganes Martin Braithwaite pun baru datang pada pertengahan musim lalu. Kala itu, dirinya didatangkan dari klub kasta kedua Liga Inggris, Middlesbrough, dengan status pemain pinjaman.

Sementara karier Martin Braithwaite sendiri sebenarnya lebih banyak dihabiskan di Liga Prancis setelah hijrah dari klub tanah kelahirannya, Esbjerg, di Liga Denmark.

Di Liga Prancis, Martin Braithwaite lama memperkuat FC Toulouse, lalu Bordeaux sebagai pemain pinjaman dari Middlesbrough.

Seberapa Menjanjikan Martin Braithwaite

Dengan rekam jejaknya yang lebih banyak memperkuat klub-klub yang tak punya nama besar di Eropa, bahkan setahun lalu masih merumput di kopetisi kasta kedua, tak mengejutkan jika tanda tanya besar mengenai kualitas Martin Braithwaite berhembus dari suporter Barcelona.

Tapi, jika melihat apa yang ditunjukan pemain kelahiran Esbjerg 5 Juni 1991 itu di LaLiga bersama Leganes, optimisme layak digaungkan suporter Barcelona.

Sebab, setidaknya apa yang ditunjukkan Martin Braithwaite jauh lebih baik dari apa yang diberikan Ousmane Dembele untuk Barcelona musim ini. 

Ketika Dembele hanya bisa berkontribusi lewat satu golnya dalam lima pertandinganm, Martin Braithwaite bisa konsisten tampil di 24 pertandingan dengan sumbangsih enam gol dan satu asist untuk Leganes.

Selain itu, jika dibandingkan pada penampilan musim lalu, apa yang ditunjukkan Martin Braithwaite pun tak kalah dari capaian Osmane Dembele.

Martin Braithwaite bisa menorehkan empat gol dan tujuh assist dari 19 kali penampilannya sejak pertengahan musim untuk Leganes.

Sementara di sepanjang musim lalu, Ousmane Dembele hanya bisa melesatkan delapan gol dan lima asist dengan kesempatan bermain yang lebih banyak untuk Barcelona, 29 pertandingan.

Kemampuan Martin Braithwaite juga semakin spesial di saat dirinya bisa dimainkan di berbagai posisi di lini depan, baik sebagai playmaker maupun gelandang tengah.

Dengan tolok ukur tersebut, jelas bahwa kualitas Martin Braithwaite sebenarnya masih sangat layak untuk berseragam Barcelona. Setidaknya sebagai pemain pelapis dua penyerang utama, Lionel messi dan Antoine Griezmann, di LaLiga Spanyol selama penyerang lainnya mengalami cedera.