Bola Internasional

Apa Kabar David Seaman? Kiper Arsenal yang Angkat Kaki Tepat Sebelum Rekor The Invincible

Minggu, 1 Maret 2020 21:49 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - David Seaman bisa dikatakan sebagai sosok yang tak beruntung. sebagai kiper legendaris Arsenal, dirinya justru angkat kaki jelang rekor The Invincible. Apa kabar dirinya sekarang?

Meski timnya masih tertahan di papan tengah Liga Inggris, suporter Arsenal saat ini justru sedang merasakan suka cita.

Sebab menyusul kekalahan Liverpool atas Watford, artinya klub mereka masih akan menjadi satu-satunya tim di era moder Liga Inggris yang bisa menorehkan rekor tak terkalahkan selama satu musim, atau yang lebih dikenal sebagai The Invincible.

Berbicara mengenai rekor The Invincible Arsenal tersebut, menarik jika dikaitkan dengan sosok legenda mereka, David Seaman.

Dengan rambut kuncirnya, kiper Timnas Inggris di awal 2000an itu memang tak bisa dilepaskan dari Arsenal. Di klub asal London itu dirinya paling lama berkarier (1990-2003), hingga bisa mencapai level tertinggi menjadi kiper utama Timnas Inggris.

Tapi sayang memang, karier panjang David Seaman itu diwarnai sedikit ketidak beruntungan. Dimana dirinya tak bisa menjadi bagian The Invincible, karena hengkang meninggalkan Arsenal pada awal musim 2003/04 untuk berlabuh ke tim yang mulai membangun kekuatannya, Manchester City.

Apa Kabar David Seaman

13 tahun bersama Arsenal, David Seaman memang tak bisa dibilang gagal. Sebab total 11 trofi juara bisa dipersembahkannya untuk klub berjuluk The Gooners itu.

Tapi memang keuputusannya hengkang di awal musim 2003/04 bukanlah sebuah hal yang tepat. Selain gagal merasakan status The Invincible, Seman juga terhitung gagal di Manchester City.

Alih-alih mendapatkan tempat utama, dirinya lebih sering berkutat dengan cedera bahu. Cedera yang bahkan membuatnya harus pensiun pada bulan Januari 2004, atau hanya sekitar enam bulan selepas bergabung ke Manchester City.

Selepas pensiun, tak seperti banyak pesepakbola lainnya, Seaman yang punya kesempatan menjadi pelatih, justru tak memanfaatkannya karena tak ada ketertarikan mengambil lisensi kepelatihan.

Dirinya lebih memilih untuk muncul di layar kaca, menjadi pembicara di acara talk show. Bahkan dirinya sempat menjajal dunia entertainment dengan menjadi cameo di film besutan BBC yang mengankat tema EURO 1996.

Pada tahun 2004, Seman juga sempat menambah pengalaman entertainment-nya dengan terlibat di sebuah variety show Strictly Ice Dancing.

Selain itu Seaman juga cukup sering terlibat dalam acara amal atau penggalangan dana. Seperti di tahun 2005, ketika dirinya rela memotong rambut kuncir kuda yang sudah menjadi ciri khasnya, dalam sebuah laga amal yang disiarkan langsung di televisi. Selain setiap tahunya Seaman juga rutin menggelar laga golf untuk amal dengan tajuk Safe Hands.

Seaman juga sempat merilis dua DVD bertema sepak bola berjudul David Seaman's Goalkeeping Nightmares pada tahun 2003 dan Jeepers Keepers pada tahun 2004.

Sementara itu di kehidupan pribadinya, Seaman mewarnai dengan kabar bahagia. Legenda Arsenal itu menikahi seorang penari ice skeating profesional, Frankie Poultney pada tanggal 7 Februari 2015.