Liga Indonesia

Hansamu Yama Jadi Starter di Laga Perdana, Begini Alasan Aji Santoso

Minggu, 1 Maret 2020 04:26 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Yohanes Ishak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Aji Santoso, pelatih klub Liga 1, Persebaya Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Aji Santoso, pelatih klub Liga 1, Persebaya Surabaya.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso memutuskan memainkan Hansamu Yama pada laga perdana kompetisi Liga 1 2020 lawan Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Keputusan menampilkan Hansamu Yama pada laga perdana tentu membuat banyak pertanyaan. Pasalnya pada turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020 kemarin, pelatih asal Malang itu biasa memainkan Rizky Ridho dan Arif Satria.

Aji Santoso beralasan tidak ada salahnya memainkan Hansamu pada laga sore kemarin. "Yang jelas Hansamu juga pemain timnas. Sebenarnya saya bisa memasang siapapun," katanya usai laga, Sabtu (29/2/20).

"Jadi tidak ada salahnya mau memasang Rizky, Hansamu atau Arif Satria tidak ada masalah," lanjut pelatih 49 tahun itu. 

Jadi, menurut Aji Santoso tidak ada alasan spesifik kenapa memasang Hansamu pada laga tersebut. "Di dalam latihan mereka juga sama-sama bagus, sehingga memasang Hansamu," tutupnya.

Tapi sayang, keputusan Aji Santoso memainkan Hansamu Yama di laga perdana kurang bagus. Pemain asal Mojokerto itu tak sengaja melakukan handball di kotak penalti dan berujung pada hadiah penalti untuk Persik Kediri.

Beruntung kesalahannya itu mampu dibayar lunas saat babak kedua tadi. Hansamu Yama berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui sundulannya di menit ke-37. Persebaya Surabaya pun terhindar dari kekalahan pada laga perdana Liga 1 2020 saat melawan Persik Kediri.