Liga Indonesia

4 Klub Liga 1 dengan Nilai Transfer di Bawah Wonderkid Chelsea Billy Gilmour

Rabu, 4 Maret 2020 11:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Twitter/@CFCPys
Terdapat 4 klub Liga 1 2020 dengan total nilai transfer (market value) di bawah wonderkid Chelsea Billy Gilmour. Siapa saja? Copyright: © Twitter/@CFCPys
Terdapat 4 klub Liga 1 2020 dengan total nilai transfer (market value) di bawah wonderkid Chelsea Billy Gilmour. Siapa saja?

FOOTBALL265.COM -  Terdapat 4 klub Liga 1 2020 dengan total nilai transfer (market value) di bawah wonderkid Chelsea Billy Gilmour. Siapa saja?

Saat ini bintang muda Chelsea Billy Gilmour tengah menjadi bahan perbincangan publik usai sukses tampil memuaskan dalam meredam Liverpool di Piala FA 2019-20.

Gilmour mampu menjaga kestabilan di lini tengah Chelsea. Bahkan dirinya menjadi penyambung bola dari lini belakang ke depan dengan sangat tenang.

Tak hanya itu wonderkid kelahiran Skotlandia itu juga mampu membuat Takumi Minamino tak berkutik karena ditempel ketat setiap gerakannya.

Gilmour juga sukses membuat gelandang Liverpool Fabinho malu karena sukses dikolongi (nutmeg) dalam menggocek bola. Hal tersebut pun menjadi bahan meme netizen.

Atas aksi Gilmour yang sangat memuaskan dan bisa menjadi masa depan Chelsea membuat pelatih Frank Lampard turut buka suara.

"Posturnya memang mungil, namun kepribadiannya sungguh bersahaja," ujar Lampard dikutip Mirror, Rabu (4/3/20) dini hari WIB.

Tak hanya itu rekan setim di Chelsea, yakni Ross Barkley juga turut angkat bicara akan performa Gilmour yang dianggap sangat brilian.

"Dia berkualitas di sesi latihan. Dia menunjukkan kelasnya dengan sedikit peluang yang dimiliki musim ini," kata Barkley dilansir SI.

Bahkan laman Whoscored menuliskan rating yang cukup baik. Gilmour dinilai 7,3 atas penampilan apik sepanjang 90 menit laga berlangsung.

Namun ada hal menarik yang bisa dicermati bersama oleh para penggemar sepak bola nasional akan sosok Gilmour, terkait nilai transfer sang pemain.

Berdasarkan data yang disajikan laman Transfermarkt, kalau Gilmour memiliki harga pasar hingga Rp47,4 miliar (3 juta euro) per 10 Desember 2019.

© Twitter/@Liga1Match/Wikipedia
Logo Persita Tangerang (kiri), Persik Kediri (tengah), dan Persiraja Banda Aceh (kanan). Copyright: Twitter/@Liga1Match/WikipediaLogo Persita Tangerang (kiri), Persik Kediri (tengah), dan Persiraja Banda Aceh (kanan).

Nilai transfer Gilmour ternyata cukup tinggi bagi empat klub sepak bola Indonesia, tepatnya di Liga 1 2020. Siapa saja kira-kira? Simak.

Wakil Jawa Timur, Persela Lamongan diketahui memiliki total nilai transfer (dari seluruh skuat yang ada) hingga Rp43,2 miliar (2,73 juta euro).

Lalu ada Persita Tangerang yang juga mempunyai total harga pasar skuat yang di bawah Gilmour, yakni hanya Rp22,9 miliar (1,45 juta euro).

Berikutnya juara Liga 2 2019 Persik Kediri yang cuma memiliki total nilai transfer Rp21,3 miliar (1,35 juta euro) dan jumlahnya masih di bawah Billy Gilmour.

Terakhir Persiraja Banda Aceh yang juga nilai pasar total skuatnya cuma Rp18,1 miliar (1,15 juta euro) dan di bawah wonderkid Chelsea itu.

Sekadar informasi, Billy Gilmour diketahui memiliki kontrak hingga 30 Juni 2023 di Chelsea. Tak hanya bisa sebagai gelandang tengah, dia juga piawai melakoni peran gelandang bertahan dan serang.