Liga Inggris

Liga Inggris Dihentikan Jelang Liverpool Juara, Jurgen Klopp Angkat Suara

Jumat, 13 Maret 2020 23:28 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ryan Pierse/GettyImages
Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool turut buka suara usai Liga Inggris diberhentikan untuk sementara. Copyright: © Ryan Pierse/GettyImages
Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool turut buka suara usai Liga Inggris diberhentikan untuk sementara.

FOOTBALL265.COMJurgen Klopp selaku pelatih Liverpool turut buka suara usai Liga Inggris diberhentikan untuk sementara. Akibat wabah virus corona yang mulai menyebar di benua Eropa, kompetisi Liga Inggris pun akhirnya resmi ditunda hingga sebulan.

Melansir dari laman resmi FA (Federasi Sepak Bola Inggris), disebutkan jika seluruh kompetisi di Liga Premier akan ditunda hingga 4 April 2020, FA pun menyarankan agar para tim mematuhi saran dan kondisi medis pada saat itu.

"Di atas segalanya, kami berharap Mikel Arteta dan Callum Hudson-Odoi cepat pulih, dan semua orang yang terkena dampak COVID-19," ucap Ketua Eksekutif Liga Premier, Richard Masters.

"Dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, kami bekerja sama dengan klub kami, Pemerintah, FA dan EFL dan dapat meyakinkan semua orang kesehatan dan kesejahteraan para pemain, staf dan pendukung adalah prioritas kami," tambahnya.

Hal ini pun menjadi polemik untuk fans Liverpool dan para fans klub pesaingnya di Liga Inggris. Sepert kita ketahui, The Reds kini memuncaki klasemen Liga Inggris dan unggul 25 poin dari Manchester City yang ada di posisi kedua. Mereka bahkan hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar yang sudah mereka tunggu selama 30 tahun itu.

© Getty Image
Fans Liverpool. Copyright: Getty ImageFans Liverpool.

Di tengah polemik yang terjadi, Jurgen Klopp hadir dan turut memberikan pernyataannya. Dirinya mengatakan bahwa hal utama yang harus dipikirkan dalam situasi seperti ini adalah kepentingan bersama dalam khalayak.

“Saya merasa pernyataan seorang pelatih seperti saya di sata seperti ini adalah hal yang penting. Namun, saya akan tetap mengatakannya untuk kalian para fans Liverpool sebagai perwakilan dari tim,” ucapnya dikutip dari situs resmi klub.

“Pertama dan terutama, kita wajib melindungi satu sama lain di lingkungan masyarakat,” tambahnya.

“Sebelumnya saya pernah mengatakan bahwa sepak bola adalah hal yang penting. Namun saat ini, sepak bola dan pertandingan sangatlah tidak penting,” jelasnya.

Jurgen Klopp juga meyakini bahwa para pemainnya tidak ingin bermain di stadion yang kosong tanpa ada satupun suporter yang hadir mendukung. Tak lupa, dirinya juga menegaskan bahwa sepak bola dan kesehatan masyarakat Inggris bukanlah sebuah pilihan.

“Sepak bola dan kesehatan masyarakat secara luas bukanlah sesuatu yang harus dipilih. Saat ini, itu bukanlah sebuah pilihan,” tuturnya.

“Saya bersama para pemain dan tim meminta untuk kalian semua, para pendukung kami, prioritaskan kesehatan Anda. Jangan pernah mengambil risiko apapun. Jaga dirimu dan orang lain,” tutupnya.