Liga Indonesia

Cegah Penularan Covid-19, Skuat Persipura Lakukan Tes Medis

Senin, 23 Maret 2020 20:33 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persipura
Bek Persipura Jayapura, Arthur Cunha saat melakukan pemeriksaan kesehatan. Copyright: © Media Officer Persipura
Bek Persipura Jayapura, Arthur Cunha saat melakukan pemeriksaan kesehatan.

FOOTBALL265.COM - Guna menyikapi penularan virus corona (covid-19), skuat Persipura Jayapura dikumpulkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau tes medis sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap pandemi virus yang berasal dari Kota Wuhan, China itu.

Tes medis itu digelar di penginapan tim di Hotel Yasmin Jayapura, Senin (23/03/20), dan diikuti oleh seluruh pemain, official hingga manajemen.

"Tes ini kita lakukan karena kita baru tiba dari Surabaya, dan waktu itu menurut kabar ada dampak corona di sana, dan kemudian pemain kita ada juga yang dari Jakarta, Bali dan Jawa Barat, termasuk saya juga. Kita lakukan tes pemeriksaan agar tahu apakah kita juga berpotensi terpapar atau tidak," ujar Dokter tim Persipura, Benny Suripatty.

Lanjutnya, tindakan yang dilakukan dalam tes kesehatan itu meliputi anamnesis (wawancara) plus pemeriksaan fisik khusus (suhu badan dan evaluasi faring).

"Tujuannya, agar bisa mendeteksi awal gejala covid-19 berupa demam dan tanda-tanda gangguan pernapasan (batuk, pilek, dan sakit tenggorokan)," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Persipura, Rocky Bebena mengatakan, timnya mulai dikumpulkan hari ini untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan belum menggelar latihan.

"Hari ini, tim Persipura Jayapura sudah mulai berkumpul, tapi tidak untuk latihan di lapangan, dokter tim langsung melakukan pemeriksaan kesehatan," pungkasnya.

Semula, skuat Persipura dijadwalkan akan kembali berlatih pada hari ini, namun aktivitas tersebut ditunda karena kondisi dan situasi yang belum memungkinkan.