Liga Indonesia

Apa Kabar Asep Sumantri? Legenda Persib yang Rasakan 4 Kali Gelar Juara

Jumat, 27 Maret 2020 21:16 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© ayobandung.com
Nama Asep Sumantri tidak asing lagi bagi Bobotoh, pasalnya ia seorang yang merasakan gelar juara bersama Persib Bandung sebagai pemain dan asisten pelatih. Copyright: © ayobandung.com
Nama Asep Sumantri tidak asing lagi bagi Bobotoh, pasalnya ia seorang yang merasakan gelar juara bersama Persib Bandung sebagai pemain dan asisten pelatih.

FOOTBALL265.COM - Nama Asep Sumantri sudah tidak asing lagi bagi Bobotoh, pasalnya ia salah seorang yang bisa merasakan gelar juara bersama Persib Bandung sebagai pemain dan asisten pelatih.

Saat menjadi pemain, Ujeb sapaan akrab Asep Sumatri berhasil mengantarkan tim Maung Bandung meraih gelar juara di era Perserikatan 1989/1990, 1993/1994 dan Liga Indonesia pertama 1994/1995.

Sedangkan, saat berada di staf pelatih, Ujeb mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014. Saat itu, posisi pelatih diisi oleh Djadjang Nurdjaman.

Setelah membawa Persib juara di ISL 2014, di musim 2017 Ujeb harus istirahat karena sempat sakit. Setelah tidak lagi menjadi bagian dari skuat Maung Bandung, apa kabar Asep Sumantri?.

Legenda Persib ini menuturkan, saat ini fokus bekerja di salah satu Dinas di Kota Bandung. Selain itu ia juga sedang menyelesaikan pendidikan S3 di salah satu Universitas di Kota Bandung.

"Sekarang aktivitas setiap hari kerja, hari Senin sampai Jumat, Jumat sore ada sekolah (kuliah) Jumat, Sabtu, Minggu istirahat, di luar itu ada kegiatan olah raga sedikit-sedikit."

"Alhamdulillah mengambil S3, kuliahnya sudah beres tinggal nyusun sekarang, mengambil Doktor Ilmu Sosial," ucap Ujeb kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (27/03/2020).

Meski memiliki prestasi berlimpah selama berkarier sebagai pemain dan pelatih, Ujeb belum memiliki rencana untuk kembali terjun sebagai pelatih dan memilih untuk mengamati perkembangan sepak bola serta fokus menyelesaikan pendidikan S3.

Pria yang mengawali dan mengakhiri karier sebagai pemain sepak bola di Persib ini menambahkan, rencanannya setelah menyelesaikan S3 akan mencoba berbagai ilmu dan pengalaman dengan cara mengajar.

Tawaran untuk mengajar diakuinya sudah ada, hanya saja ia belum bisa menerimanya karena fokus menyelesaikan pendidikan S3.

"Pendidikan sangat penting. Satu tidak akan hilang ilmu itu, meskipun saya nanti meninggal ilmu itu akan tetap diterapkan oleh orang lain. Insya Allah ngambil S3 ini satu ingin jadi narasumber. Kedua ingin belajar mengajar, jadi ilmu itu mudah-mudahan manfaat ilmunya gak akan rugi," jelasnya.

"Meskipun dasarnya bukan pendidik, tapi akan mencoba berbagi ilmu, sampai saat ini belum puas dengan ilmu yang didapat, masih mencari, menuntut ilmu dan mengamalkan ilmu," ungkapnya.

Sementara itu, meski sibuk bekerja dan menyelesaikan pendidikan S3, Ujeb masih memantau perkembangan Persib, yang di tiga pertandingan awal Liga 1 2020 berhasil meraih kemenangan atas Persela Lamongan, Arema FC, dan PSS Sleman.