Liga Indonesia

Dokter Tim Persib Benarkan Satu Pemain Positif Corona

Jumat, 27 Maret 2020 22:20 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Dokter tim klub Liga 1 2020 Persib Bandung, Raffi Ghani, membenarkan jika salah satu pemainnya positif covid-19 atau virus corona. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Dokter tim klub Liga 1 2020 Persib Bandung, Raffi Ghani, membenarkan jika salah satu pemainnya positif covid-19 atau virus corona.

FOOTBALL265.COM - Dokter tim klub Liga 1 2020 Persib Bandung, Raffi Ghani, membenarkan jika salah satu pemainnya positif covid-19 atau virus corona dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Raffi menuturkan, hasil tersebut diketahui setelah Persib melakukan tes virus corona tahap kedua yang diikuti ke beberapa pemain di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (26/03/2020). Tes tersebut dilakukan oleh petugas dari Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

"Tes sebelumnya kan saya sudah ngasih informasi bahwa semuanya negatif. Kemarin ada beberapa orang yang diperiksa. Ada beberapa pemeriksaan ada yang positif satu orang," kata Rafi saat dihubungi, Jumat (27/03/2020).

Dokter yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara ISL 2014 ini, tidak bisa memberikan informasi mengenai identitas pemain Maung Bandung yang positif covid-19.

"Saya gak bisa menyebutkan namanya, karena ini (rahasia). Dan memang ada keterbatasan saya untuk menjaga namanya karena ada kerahasiaan pasien dan dokter. Tapi, untuk konfirmasi ada seorang pemain persib yang pada saat pemeriksaan PCR 26 Maret hasilnya positif," ungkapnya.

Kondisi pemain yang positif covid-19, menurut Raffi tidak mengalami gejala. Meski begitu, seusai dengan peraturan kesehatan yang bersangkutan diwajibkan menjalani isolasi mandiri.  

Selama isolasi, pemain tersebut akan akan disediakan makanan serta disuplai kebutuhan sehari-harinya oleh Persib, dengan proses pengantaran tanpa kontak.

"Sejauh ini, karena yang bersangkutan daya tahan tubuhnya baik, artinya tidak ada gejala apapun, ringan sedang atau berat. Tapi tetap dia harus melakukan isolasi mandiri. Dia tidak boleh ada kontak dengan siapapun dalam rangka untuk memutus rantai penyebaran," tegasnya.

Setelah pertandingan menghadapi PSS, Persib melakukan tes terhadap 10 orang pemain dan hasilnya negatif. Namun, saat diliburkan ada beberapa pemain yang memilih untuk pulang kampung dan berlibur.

Sehingga, Raffi berinisiatif untuk kembali melakukan tes tahap kedua bagi pemain yang sebelumnya meninggalkan Kota Bandung, dan hasilnya satu pemain dinyatakan positif covid-19.

"Setelah itu kan ada waktu libur, pada saat libur ada beberapa yang meninggalkan Kota Bandung. Saya tidak sebutkan siapa-siapanya termasuk pelatih," ucapnya.

"Sekembalinya di sana saya ragu, makanya dilakukan lagi pemeriksaan. Selain dalam rangka salah satu persyaratan untuk pemain yang mau pulang ke negaranya. Ternyata hasil pemeriksaan tanpa gejala apa-apa, ditemukan satu pemain hasilnya positif," jelasnya.

Raffi merasa optimis, pemain tersebut bisa sembuh selama beberapa tahapan bisa dilewati dengan baik. Selain itu, ia juga mengingatkan pemain dan official Persib untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.