Liga Indonesia

Pelatih Kiper Persib Beri Pesan Sebelum Skuat Diliburkan

Jumat, 27 Maret 2020 16:09 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pesan dari pelatih kiper Persib untuk skuat Maung Bandung sebelum diliburkan. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pesan dari pelatih kiper Persib untuk skuat Maung Bandung sebelum diliburkan.

FOOTBALL265.COM - Pelatih kiper klub Liga 1 Persib Bandung, Luiz Fernando Silva Passos mengatakan sebelum aktivitas tim diliburkan, sudah memberikan memberikan pesan kepada pemainnya untuk menjaga keluarga dan kesehatannya. 

Menurutnya, pemain harus mengikuti instruksi yang dikeluarkan pemerintah dengan mengurangi aktivitas di luar rumah dan menjaga pola hidup sehat, untuk memutus penyebaran virus corona atau covid-19, yang saat ini sudah menyebar di beberapa daerah di Indonesia. 

"Pertama, saya mengatakan kepada mereka agar tetap aman dan jaga keluarga mereka," kata Passos.

Selain itu, pelatih kiper asal Brasil ini memberikan tugas kepada pemainnya untuk menjalankan program latihan secara mandiri, agar kondisi kebugaran tetap terjaga. Sehingga, saat tim kembali berlatih mereka tidak perlu mempersiapkan diri dari nol lagi. 

"Kedua saya memberikan beberap program pelatihan untuk dieksekusi di rumah peregangan, strength, dan aerobik," jelas pelatih kiper yang masuk ke Persib menggantikan Gatot Prasetyo ini. 

Sebagai informasi, aktivitas Persib diliburkan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan tersebut, diambil oleh Robert Rene Alberts setelah menggelar pertemuan dengan manajemen, pemain, official dan staf pelatih di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (24/03/20). 

Sebelumnya, Persib masih menggelar latihan sekitar sepekan, setelah ada keputusan kompetisi dihentikan sementara sekitar dua pekan, pasca pertandingan pekan ketiga Liga 1 2020. 

Namun, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan arahan langsung ke PT Liga Indonesia Baru (LIB). Arahan yang tertulis dalam surat PSSI yang bernomor 1038/UDN/606/III-2020 itu menjelaskan PSSI resmi menghentikan kompetisi Liga 1 2020 dan Liga 2 hingga waktu yang tidak ditentukan.

Hal tersebut menindaklanjuti arahan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terkait penyebaran virus korona atau Covid-19 dan surat dari Menpora tentang protokol kewaspadaan pencegahan wabah virus tersebut bagi kegiatan olah raga. 

Sehingga, Robert Alberts memutuskan untuk meliburkan aktivitas Persib sambil menunggu perkembangan selanjutnya dari PT LIB dan PSSI.