Liga Indonesia

On This Day: Persipura Nyaris Dipermalukan Persisam dan Gagal Juara

Senin, 6 April 2020 16:26 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© repro.eu/wikipedia
Logo Persipura Jayapura. Copyright: © repro.eu/wikipedia
Logo Persipura Jayapura.

FOOTBALL265.COM - Hari ini, 6 April 10 tahun yang lalu, Persipura Jayapura nyaris dipermalukan tim tamu Persisam Samarinda (kini Bali United) dalam laga lanjutan kompetisi ISL 2009/2010 di Stadion Mandala Jayapura. 

Waktu itu, Boaz Solossa dan kolega yang berstatuskan juara bertahan nyaris menelan kekalahan dari Persisam. Persipura yang awalnya unggul lebih dulu dengan skor 1-0, justru dipaksa kerja keras setelah sang tamu berbalik unggul 1-2.

Beruntung, pergantian pemain yang jeli dari seorang Jacksen Tiago di 15 menit terakhir bisa membuahkan gol telat di menit ke-78, skor pun harus berakhir dengan kedudukan sama kuat 2-2 untuk kedua tim.

Usai pertandingan, Jacksen mengaku kecewa dengan hasil imbang yang diperoleh anak asuhnya itu. Pasalnya, langkah Persipura untuk mendekati jarak poin pemuncak klasemen, Arema Malang jadi tertunda.

"Saya sudah bilang, Persisam secara individu pemainnya bagus dibanding Bontang FC. Kita sedikit meremehkan keadaannya. Sehingga lawan cetak dua gol, baru mulai semangat. Saya rasa tim yang mau juara, tak boleh buat kesalahan seperti itu. Kita akan evaluasi semua ini," ujar Jacksen usai laga ketika itu.

Sayangnya, hasil imbang di laga pekan ke-27 ISL 2009/2010 itu cukup berimbas bagi langkah Persipura yang akhirnya gagal merebut puncak klasemen dari tangan Arema Malang hingga kompetisi berakhir.

Persipura yang merupakan juara bertahan terpaksa harus menyerahkan gelar juara menjadi milik Arema di musim tersebut, setelah tertinggal dengan tujuh poin.