Bola Internasional

Piala Dunia U-20 Terancam Ditunda, PSSI Masih Tunggu Keputusan FIFA

Sabtu, 11 April 2020 21:12 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© stmed.net/Wikipedia
Akibat penyebaran wabah corona kegiatan olahraga di Indonesia juga terganggu, tak terkecuali persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang terancam dibatalkan. Copyright: © stmed.net/Wikipedia
Akibat penyebaran wabah corona kegiatan olahraga di Indonesia juga terganggu, tak terkecuali persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang terancam dibatalkan.

FOOTBALL265.COM - Masa pandemi corona yang tengah terjadi saat ini seperti memberikan dampak yang cukup besar. Bahkan akibat penyebaran wabah ini kegiatan olahraga di Indonesia juga terganggu, tak terkecuali persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang terancam dibatalkan.

FIFA sebelumnya juga membatalkan kunjungannya ke Indonesia untuk meninjau lebih lanjut kesiapan Indonesia selaku tuan rumah.

Namun meski FIFA urung datang, PSSI bukan tanpa pergerakan. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan PSSI terus memberikan laporan kepada FIFA.

"PSSI sudah bersurat ke FIFA terkait Piala Dunia U-20 2021. Ada enam dari 11 venue stadion untuk pelaksanaannya. Direncanakan FIFA akan datang ke Indonesia akhir Maret lalu, tapi karena situasi pandemi virus Corona (Covid-19) mereka tidak jadi datang," kata Iriawan.

Selain itu, pria yang kerap disapa Iwan Bule ini belum mengetahui akan kelanjutan perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Baginya PSSI hingga saat ini masih menunggu perkembangan dari FIFA.

"Hingga saat ini, FIFA belum menentukan apakah menunda atau tetap melaksanakan Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. Kami akan menunggu perkembangannya serta arahan dari FIFA dan pemerintah. Karena memang, kalau nanti pandemi virus corona sampai bulan September 2020, sehingga mungkin otomatis pembangunan serta renovasi stadion-stadion yang memenuhi standart FIFA belum bisa dilakukan. Ini menjadi bahan pertimbangan kami nanti," tambahnya.

"Semoga pandemi virus corona segera berakhir dan PSSI bersama pemerintah dapat segera melaksanakan berbagai persiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kami juga telah mengirimkan dokumen semua stadion yang sudah kita cek ke FIFA, nantinya hanya enam stadion yang terpilih sebagai venue Piala Dunia U-20 2021," tutup Iriawan.

Menurut Iriawan, saat ini yang menjadi kendala adalah penyelesaian venue-venue yang ada. Di dalam timeline, harusnya April sudah mulai pembangunan.

Namun sampai sekarang tidak mungkin pemerintah melakukan itu karena masih dalam situasi pandemi Covid-19,. Hal itulah yang menjadi kendala untuk PSSI dalam menyelesaikan venue-venue.