Liga Indonesia

Soal Wacana Pengganti Liga 1, Bek Bali United: Yang Terpenting Kesehatan!

Selasa, 14 April 2020 14:17 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ian Setiawan/Football265.com
Bek Bali United, Leonard Tupamahu merespons positif adanya wacana menggulirkan turnamen jika kompetisi Liga 1 2020 resmi dihentikan. Copyright: © Ian Setiawan/Football265.com
Bek Bali United, Leonard Tupamahu merespons positif adanya wacana menggulirkan turnamen jika kompetisi Liga 1 2020 resmi dihentikan.

FOOTBALL265.COM - Bek Bali United, Leonard Tupamahu merespons positif adanya wacana menggulirkan turnamen jika kompetisi Liga 1 2020 resmi dihentikan. Namun, segala keputusan harus mempertimbangkan kesehatan semua pihak.

Cukup berat untuk berharap kompetisi Liga 1 tetap berjalan. Pasalnya, Liga 1 baru memainkan tiga partai. Masih ada 31 partai sisa yang harus dimainkan. Sementara, tak ada pihak yang bisa memastikan kapan virus corona akan berakhir.

Klub-klub peserta Liga 1 pun sudah melakukan virtual meeting. Ada 14 klub yang dilaporkan ikut serta. Salah satu poin adalah menggelar turnamen jika kompetisi Liga 1 dihentikan dan virus corona sudah tuntas pada bulan September.

Ada yang setuju, ada juga yang bersikap netral tentang wacana ini. Turnamen ini dimaksudkan untuk mengisi jeda menuju Liga 1 2021, andai Liga 1 2020 benar-benar dihentikan.

"Saya setuju saja, apapun itu, selama kita bisa main bola lagi," ucap bek Bali United, Leonard Tupamahu, Senin (13/4/20).

Saat ini, nasib Liga 1 belum diputuskan. PSSI maupun operator PT LIB masih menunggu, apakah masa darurat corona diperpanjang atau tidak. Sebelumnya, pemerintah menetapkan darurat corona sampai 29 Mei 2020.

"Kalau memang tidak memungkinkan untuk liga jalan, karena corona, menurut saya itu yang terbaik (penghentikan), karena sekali lagi, kesehatan yang paling utama buat kita semua," tutur Leonard.

Bila Liga 1 benar-benar dihentikan, Leonard bersama keluarga akan pulang ke Jakarta. Selama ini, Leonard termasuk pemain Bali United yang tetap bertahan di Bali.