Liga Indonesia

Latihan Fisik Barito Putera, Pemain Muda Ditarget Lebih Prima

Kamis, 16 April 2020 12:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Twitter/@Liga1Match
Skuat klub Liga 1 2020, Barito Putera, tetap melakoni latihan fisik meski saat ini pemain sudah dibubarkan ke rumah masing-masing. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Skuat klub Liga 1 2020, Barito Putera, tetap melakoni latihan fisik meski saat ini pemain sudah dibubarkan ke rumah masing-masing.

FOOTBALL265.COM - Skuat klub Liga 1 2020, Barito Putera, tetap melakoni latihan fisik meski saat ini pemain sudah dibubarkan ke rumah masing-masing selama kurang lebih satu bulan terakhir. Latihan ini dipantau langsung oleh pelatih fisik, Dino Sefriyanto.

Meski para pemain Barito Putera tersebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua, namun Dino Sefriyanto mengaku tidak mengalami kendala selama memberikan materi latihan fisik pada pemainnya.

Bagi Dino, latihan fisik dari rumah masing-masing adalah cara terbaik untuk tetap menjaga kebugaran di tengah pandemi virus corona. Sosok yang sempat melatih tim Persib Bandung itu pun memberikan materi fisik dengan intensitas latihan sedang.

 "Latihan di rumah dalam situasi saat ini yang jelas lebih safety, sesuai anjuran dari pemerintah, harus menerapkan physical distancing," papar Dino Sefriyanto.

"Untuk latihan di masa pandemi, penekanan latihan bertujuan untuk sport health saja, dengan intesintas latihan sedang, karena ini akan mempengaruhi imunitas tubuh," tambahnya.

Dengan latar belakang pemain yang berbeda, Dino pun memberikan materi latihan yang berbeda-beda pula, disesuaikan dengan usia tiap-tiap pemain. Sehingga, para pemain muda Laskar Antasari akan mendapat target lebih tinggi daripada para penggawa senior.

"Latihan bersifat aerobik dengan durasi total kisaran 30 sampai 45 menit, menggunakan rumus training zone 220 dikurangi umur dan kerja heart maksimumnya kisaran 70 persen."

"Jadi, kalau si pemain misalkan usia 27 tahun, 220 dikurangi 27 sama dengan 93 beath per menit, jadinya 70 persen dari 193 sama dengan 140 sampai 150 beath per menit," jelas Dino lagi.

Di luar itu, Dino membebaskan para pemain untuk melakukan gerakan-gerakan apapun yang bisa meningkatkan kondisi fisik.

"Ini zona training mereka berlatih di masa pandemi ini, sedangkan bentuk-bentuk latihannya berupa dynamic stretch, core training, gym di rumah, dan ball feeling di rumah," pungkas Dino.