Liga Indonesia

Eks Persikad Sempat Curhat soal Sang Adik yang Merumput di Barcelona

Senin, 20 April 2020 19:41 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Nama mantan pemain Persis Solo dan Persikad Depok, Nnana Onana kembali naik. Bukan karena dia kembali bermain di Indonesia. Namun, sang adik, Andre Onana, kini sedang gencar diperebutkan Barcelona dan Chelsea.

Tak banyak yang tahu jika Andre punya dua saudara yang juga berprofesi sebagai pesepakbola. Dua kakaknya, Nnana Onana dan Emmanuel Onana sudah lebih dulu jadi profesional. Nnana main di Indonesia dan Emmanuel main di Liga Kamerun.

Dari tiga bersaudara ini, hanya Nnana Onana yang tak bisa tembus Timnas Kamerun. Namun Nnana tak pernah iri. Justru dia begitu bangga ketika dua adiknya meraih kesuksesan.

Kesuksesan ini selalu diceritakan Nnana Onana kala berseragam Persis Solo musim 2013-2014. Onana merupakan pemain yang mudah bergaul, termasuk dengan awak media. 

© Raditya Erwiyanto/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Widyantoro dan kapten tim Persis, Nnana Onana saat melakukan protes keras terhadap wasit dalam laga 8 besar Divisi Utama PSSI di Stadion Manahan, Solo, Jumat (03/10/14). Copyright: Raditya Erwiyanto/INDOSPORTPelatih Persis Solo, Widyantoro dan kapten tim Persis, Nnana Onana saat melakukan protes keras terhadap wasit dalam laga 8 besar Divisi Utama PSSI di Stadion Manahan, Solo, Jumat (03/10/14).

Onana selalu bercerita tentang perkembangan Andre di Barcelona B. Termasuk keluarganya kerap melihat Andre di Barcelona. Onana pun menyinggung peran Samuel Etoo yang membuat Andre bisa ke Barcelona sejak junior.

"Adik saya sudah di Barcelona B. Sekarang dia sering diajak untuk latihan bersama tim senior, sama Xavi, Iniesta, Messi dan lainnya," ucap Nnana Onana kala berbincang dengan awak media di Mes Persis Solo, Jalan Tirtosari, Purwonegaran pada 2014 lalu.

Kala itu, Barcelona B juga punya Fabrice Ondoa. Ondoa lebih sering dipasang jadi starter. Apalagi Ondoa lebih dulu berpredikat sebagai pemain Timnas Kamerun.

Termasuk ketika Barcelona B menghadapi Timnas Indonesia U-19 pada 24 September 2014. Saat itu, Barcelona B menang 6-0 dengan Ondoa sebagai kiper utama. Bisa jadi, hal itulah yang kemudian membuat Andre menerima pinangan Ajax Amsterdam pada 2015.

"Saya yakin Andre akan jadi pemain yang lebih besar dari saya dan adik saya," tutur Nnana Onana kala itu.

Ucapan Nnana Onana kala itu terbukti benar. Kini, Barcelona justru menginginkan mantan pemainnya kembali. Namun, Barcelona tak sendirian. Ada pula Chelsea yang menginginkan Andre.