Liga Inggris

Pernah Alami Gagal Ginjal, Legenda Man United Lakukan Donasi

Kamis, 30 April 2020 19:56 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© BBC
Legenda Manchester United, Andy Cole baru-baru ini dikabarkan melakukan donasi untuk penelitian di bidang penyakit ginjal. Copyright: © BBC
Legenda Manchester United, Andy Cole baru-baru ini dikabarkan melakukan donasi untuk penelitian di bidang penyakit ginjal.

FOOTBALL265.COM – Legenda Manchester United, Andy Cole baru-baru ini dikabarkan melakukan donasi untuk penelitian di bidang penyakit ginjal.

Dilansir dari laman resmi Manchester United, bomber andalan United itu memberikan donasi dalam bidang penyakit ginjal dan tranplatasi ginjal untuk membantu penyembuhan orang-orang yang mengalami gangguan pada ginjalnya.

Melalui Andy Cole Fund, dirinya bekerja sama dengan Kidney Research UK untuk menemukan solusi atas penyakit ginjal yang banyak diderita oleh banyak masyarakat.

Donasi tersebut dirinya buat setelah dia mengalami gagal ginjal pada tahun 2015 yang lalu. Eks duet Dwight Yorke ini harus menghabiskan waktu selama 5 tahun untuk bisa kembali menjalani kehidupan normalnya lagi.

Maka dari itu, sebagai penyintas gagal ginjal yang bisa menjalani kehidupan dengan normal, Cole sangat berhasrat memberikan bantuan pada sesama terkait penyakit yang pernah dideritanya ini.

“Saya sudah merasa sehat dan bisa beraktivitas dengan normal. Saya bahkan merasa cukup kuat untuk bisa kembali bermain bola di lapangan,” ujarnya.

Cole menambahkan, meskipun dirinya merasa cukup sehat dan kuat untuk menjalani aktivitasnya lagi, namun dia mengakui jika “berperang” melawan gagal ginjal adalah salah satu “perang” paling susah yang pernah dia lalui.

Andy Cole Fund mentargetkan bisa mengumpulkan dana sebesar 500 ribu poundsterling (9,3 miliar rupiah) selama 3 tahun ke depan untuk pembiayaan penelitian yang akan dilakukan oleh Kidney Research UK.