Bola Internasional

Profil Venue Euro 2020: Johan Cruyff Arena

Senin, 25 Mei 2020 04:27 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© itasportpress.it
Johan Cruyff Arena. Copyright: © itasportpress.it
Johan Cruyff Arena.

FOOTBALL265.COM - Johan Cruyff Arena terpilih menjadi salah satu venue Euro 2020. Berikut profil venue Euro 2020, Johan Cruyff Arena. 

Belanda sebagai salah satu kekuatan sepak bola di Eropa, pernah menjadi tuan rumah Euro pada tahun 2000 lalu. Pada saat itu, Belanda bersama Belgia menjadi tuan rumah bersama. 

Untuk pertama kalinya saat itu Euro digelar di dua negara berbeda. Kini, Euro 2020 untuk pertama kalinya digelar di 12 negara, dan Belanda kembali ambil bagian dalam sejarah tersebut. 

Kota Amsterdam sebagai ibu kota dari Belanda, dipercaya untuk kedua kalinya menjadi salah satu penyelenggara Euro. Sebelumnya, pada Euro 2020, Kota Amsterdam juga menjadi tuan rumah Euro. 

Pada Euro 2000, Amsterdam Arena menjadi salah satu stadion yang digunakan, sedangkan untuk Euro 2020, stadion ini sudah memiliki nama baru yaitu Johan Cruyff Arena. 

Data Johan Cruyff Arena

Johan Cruyff Arena awalnya bernama Amsterdam Arena dan rencananya dibangun sebagai upaya Kota Amsterdam untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 1992. 

Namun, Amsterdam kalah dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade dan Barcelona yang terpilih. Meski gagal menjadi tuan rumah Olimpiade dan pembangunan stadion sempat terbengkalai, akhirnya stadion dapat dirampungkan. 

Nama Johan Cruyff Arena sendiri disematkan pada tahun 2018 lalu sebagai penghormatan untuk legenda sepak bola dunia asal Belanda, Johan Cruyff. 

Nama Stadion: Johan Cruyff Arena
Nama Lain: Amsterdam Arena
Kapasitas: 54.990 Penonton
Ukuran Lapangan: 105 x 68 meter
Pembangunan: 1993-1996
Dibuka: 14 Agustus 1996

Pertandingan Penting di Johan Cruyff Arena 

Saat pertama kali dibuka pada 14 Agustus 1996, Ajax Amsterdam menjalani laga persahabatan melawan saingan mereka di Liga Champions era itu, AC Milan. 

Pertandingan tersebut dimenangkan oleh AC Milan dengan skor 3-0. Dua tahun berselang, Johan Cruyf Arena menjadi venue final Liga Champions yang mempertemukan Real Madrid melawan Ajax Amsterdam. 

Pada tahun 2000, saat Belanda menjadi tuan rumah Euro, Johan Cruyff Arena menggelar 5 pertandingan, termasuk laga semifinal yang mana tuan rumah Belanda kalah dalam drama adu penalti melawan Italia. 

Untuk Euro 2020 mendatang, Johan Cruyff Arena akan menggelar 4 pertandingan, termasuk laga babak 16 besar.