Liga Indonesia

Liga 1 Bakal Dilanjut, Persita Ajukan Persyaratan ke PSSI

Kamis, 4 Juni 2020 15:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Persita Tangerang
Salah satu klub peserta Liga 1 Persita Tangerang pun mengajukan syarat jika nanti Liga 1 yang kabarnya akan bergulir pada September atau Oktober mendatang. Copyright: © Persita Tangerang
Salah satu klub peserta Liga 1 Persita Tangerang pun mengajukan syarat jika nanti Liga 1 yang kabarnya akan bergulir pada September atau Oktober mendatang.

FOOTBALL265.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengusulkan Liga 1 2020 dilanjutkan, setelah vakum sekitar 2 bulan akibat pandemi virus corona. Salah satu klub peserta Liga 1 Persita Tangerang pun mengajukan syarat jika nanti Liga 1 yang kabarnya akan bergulir pada September atau Oktober mendatang.

Ketum berasalan, dilanjutnya kompetisi sangat penting untuk memberikan kesempatan bermain bagi pemain muda. Sebab, Indonesia akan tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan sebagai tuan rumah.

Terkait usulan tersebut, salah satu klub Liga 1 2020, Persita Tangerang lantas mengutarakan pendapatnya. Manajer tim, I Nyoman Suryanthara mengatakan, idealnya liga dimulai pada Oktober.

Namun, Persita meminta PSSI untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Kajian terkait situasi dan kondisi lingkungan sangat penting, terutama untuk mempertimbangkan ada tidaknya penonton.

"Kalau kami tetap di Oktober. Tentu sampai dengan Oktober, PSSI harus melakukan kajian-kajian, termasuk masing-masing klub di daerahnya bagaimana," ujarnya.

"Kalau sudah dilihat dari Agustus atau September (situasi dan kondisinya) bisa sampaikan kajiannya, terutama laga boleh dengan penonton atau tidak," imbuh Nyoman.

Selain ingin Liga 1 dilanjut September, ketua umum PSSI juga mengajukan sejumlah opsi seperti tanpa degradasi (promosi tetap ada dari Liga 2 dan hanya dua tim) hingga laga dipusatkan di Pulau Jawa. 

Namun, usulan tersebut belum merupakan keputusan final, lantaran PSSI harus melakukan rapat dengan Exco PSSI. Selain itu, PSSI menunggu imbuan pemerintah soal status masa darurat pandemi virus corona.