Liga Inggris

Inggris Berkabung, Pahlawan Man United di Piala Champions Tutup Usia

Selasa, 9 Juni 2020 09:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Freedom Online
Logo klub Liga Inggris, Manchester United. Copyright: © Freedom Online
Logo klub Liga Inggris, Manchester United.

FOOTBALL265.COM - Legenda Manchester United, Tony Dunne, meninggal dunia pada usia 78 tahun. Dia diketahui pernah membantu klub menjadi klub Inggris pertama yang menjuarai Piala Champions.

Kabar Tony Dunne meninggal dunia dikonfirmasi pertama kalinya oleh Manchester United lewat sebuah pesan duka yang menyentuh melalui akun media sosial Twitter, Selasa (9/6/20).

“Salah satu bek sayap terbaik kami. Bagian penting dari tim pemenang Piala Champions 1968,” tulis Manchester United dalam pernyataannya.

“Seorang pemain yang mencatat 535 penampilan saat berseragam Manchester United. Kami dengan tulus ikut berbelasungkawa kepada orang-orang terkasih Tony Dunne. Semoga dia beristirahat dalam damai,” lanjut pernyataan tersebut.

Hingga kini belum diketahui penyebab Dunne menghembuskan nafas terakhirnya. Dia pergi dengan meninggalkan seorang janda, Anna, dan tiga orang anak, Travey, Lorraine dan Anthony.

Tony Dunne mencatatkan namanya sebagai salah satu pemain hebat Manchester United yang turut memenangi Piala Champions 1968

Tony yang juga menjadi legenda timnas Rep. Irlandia itu jadi bagian skuat utama asuhan Sir Matt Busby saat menekuk Benfica dengan skor 4-1 di Stadion Wembley dalam laga final Piala Champions.

Kemenangan itu membawa Manchester United jadi tim Inggris pertama yang mengangkat trofi ajang sepak bola paling bergengsi di benua Eropa.

Pria kelahiran Dublin itu bergabung ke Manchester United dari klub asal negaranya, Shelbourne, dengan nilai transfer 5.000 pound pada 1960.

Awalnya, dia hanya jadi pemain cadangan untuk Noel Cantwell dan Shay Brennan. Namun, nasib Dunne berubah ketika dia membantu Setan Merah menjuarai Piala FA usai mengalahkan Leicester City edisi 1963.

Tony Dunne juga jadi bagian skuat yang memenangi Liga Inggris 1965 dan 1967, di mana dia sempat berbagi lapangan dengan legenda-legenda Manchester United lain sekaliber George Best, Bobby Charlton, dan Dennis Law.

Setelah Dunne sempat berkarier di dunia pelatihan. Terakhir, dia jadi asisten manajer Bolton pada 1979 dan kemudian mengelola tim asal Norwegia Steinkjer FK edisi 1982.