Bola Internasional

2 Pemain Blasteran Papua-Jerman Menganggur, Bisa ke Liga 1?

Jumat, 12 Juni 2020 10:54 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

FOOTBALL265.COM – Dua pemain blasteran Papua-Jerman, Alwin Komolong dan Felix Komolong saat ini dikabarkan menganggur. Lalu apakah klub Liga 1 berminat merekrutnya?

Alwin dan Felix sendiri merupakan kakak beradik yang memiliki darah Papua Nugini dan Jerman. Darah Eropa itu mengalir dari sang kakek dan nenek yang tinggal di Jerman.

Jika melansir dari laman Transfermarkt, Alwin dan Felix memiliki dua kewarganegaraan resmi, yakni Papua Nugini dan Jerman.

Hal inilah yang membuat federasi sepak bola Papua Nugini mencoba untuk memanfaatkan dua pemain berdarah Jerman tersebut untuk tampil bersama tim nasional.

Menurut situs Soccerway, Alwin telah memainkan pertandingan debut bersama Timnas Papua Nugini U-20 sejak 2011 lalu. Saat itu ia tampil di ajang Piala OFC U-20.

Menariknya, Alwin mampu mencetak satu gol ke gawang Vanuatu U-20 saat membantu Papua Nugini menang dengan skor cukup meyakinkan, 5-2.

Masih di tahun yang sama, Alwin juga menjadi bagian penting Timnas Papua Nugini U-17. Ia dimainkan sebanyak empat kali dan mampu mencetak dua gol, yakni ke gawang American Samoa dan Fiji.

Dua tahun berselang, Alwin masih dipercaya untuk mendapatkan panggilan ke Timnas Papua Nugini U-20. Lagi-lagi, dirinya mampu mencetak satu gol dari empat laga di Piala OFC U-20.

Catatan tersebut bisa dikatakan sangat baik bagi seorang pemain yang memiliki posisi asli sebagai bek tengah. Sayangnya, produktivitasnya terhenti saat membela timnas senior.

Bermain di OFC Nations Cup 2016 dan kualifikasi Piala Dunia 2018, Alwin tak mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Sementara itu, sang adik juga memiliki pengalaman di Timnas Papua Nugini. Bedanya, catatan Felix tidak begitu mentereng seperti sang kakak.

Hal itu terbilang wajar, mengingat Alwin memiliki pengalaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan Felix. Karena Alwin sendiri pernah mencicipi atmosfer sepak bola Jerman.

Bermain di level junior dan senior, bek berusia 23 tahun tersebut tidak mampu memberikan kontribusi nyata dalam hal produktivitas.

Meski begitu, Felix mampu tampil di luar negeri bersama klub Selandia Baru Canterbury United. Ia pun sempat merasakan tampil bersama klub Amerika Serikat NKU Norse sebelum akhirnya menganggur.

Dengan pengalamannya di beberapa negara, 2 pemain blasteran Papua-Jerman ini bisa dijadikan opsi bagi klub-klub Liga 1. Apalagi saat ini keduanya tak menjalin kontrak dengan klub manapun.