Liga Indonesia

Pertina Sumut Undur Selekda Atlet PON XX Papua

Jumat, 12 Juni 2020 09:51 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Herry Ibrahim
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Salah satu pertandingan tinju yang digelar di Medan, Sumatera Utara, sebelum pandemi Covid-19. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Salah satu pertandingan tinju yang digelar di Medan, Sumatera Utara, sebelum pandemi Covid-19.

FOOTBALL265.COM - Ketua Pengprov Pertina Sumatera Utara (Sumut), Romein Manalu, mengatakan bahwa program seleksi daerah (Selekda) yang dipersiapkan untuk PON XX Papua, diundur.

Pengunduran Selekda ini tak lepas dari PON Papua juga diundur pelaksanaannya karena pandemi Covid-19 di Indonesia. Sebab seyogyanya PON Papua digelar tahun ini diundur menjadi Oktober 2021.

"Surat edaran dari KONI pusat terkait diundurnya PON Papua sudah kami terima. Artinya kita juga memundurkan program seleksi yang telah kita rancang sebelumnya," kata Romein, Jumat (12/06/20).

"Seleksi ini awalnya mau kita gelar bulan Juni ini. Namun terpaksa kita undur hingga situasi Covid-19 membaik," lanjutnya.

Lanjut Romein, selekda tersebut niat dilaksanakan untuk menentukan atlet terbaik yang akan mewakili Sumut di multi event olahraga tersebut saat di Papua nanti.

Selekda sendiri, sambungnya, dibagi menjadi dua tim yakni Tim A dan Tim B. Di mana Tim A ada 6 petinju Sumut yang sebelumnya lolos ke PON dari Porwil Sumatera lalu.

"Tapi karena di PON dikenal dengan istilah by class bukan by name, maka di kelas yang sama kita beri kesempatan atlet Sumut yang gagal ke Pra PON punya peluang di seleksi akhir tersebut," ujarnya.

Romein memastikan bahwa aturan tersebut sudah disepakati oleh atlet yang masuk tim A, sebelum mereka berlaga di Porwil Sumatera lalu. Dengan begitu, pihaknya berharap nantinya seleksi ini benar-benar atlet yang terbaik mewakili Sumut di PON Papua.

"Di satu sisi ini mengurangi tugas kita menyuruh mereka latihan. Dengan seleksi, pasti mereka latihan karena program Pertina Sumut sudah ada sejak awal. Jadi mereka sudah tahu ada seleksi lagi," ungkapnya.

"Makanya atlet yang juara di Porwil Sumatera kemarin berusaha pertahankan prestasinya agar bisa berlaga di PON Papua nanti," pungkasnya.