Liga Indonesia

PSSI Harus Tetap Bayar Sewa Kalau Pakai Fasilitas GBK

Kamis, 18 Juni 2020 16:27 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Winarto, memberikan jawaban terkait permintaan PSSI untuk penggunaan Lapangan ABC dan Stadion Madya untuk Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Winarto, memberikan jawaban terkait permintaan PSSI untuk penggunaan Lapangan ABC dan Stadion Madya untuk Timnas Indonesia.

FOOTBALL265.COM - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Winarto, memberikan jawaban terkait permintaan PSSI untuk penggunaan Lapangan ABC dan Stadion Madya untuk Timnas Indonesia. PSSI tetap wajib membayar biaya sewa jika memang ingin menggunakan fasilitas di kawasan GBK.

"Jangankan PSSI, kementerian saja kalau menggunakan fasilitas GBK harus membayar sesuai Peraturan Menteri Keuangan. Misalnya, Kemendikbud memakai Istora, itu membayar sesuai regulasi," ujar Winarto.

Penggunaan fasilitas di GBK mengikuti peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 38/PMK.05/2018 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno pada Kementerian Sekretariat Negara.

Menurut Winarto, sesuai peraturan tersebut, yang dapat memakai fasilitas GBK secara cuma-cuma hanyalah para atlet nasional yang namanya tercatat dalam surat keputusan (SK) Kemenpora.

"Jadi harus ada SK yang di dalamnya ada nama-nama atlet, pelatih dan ofisial. Timnas Indonesia bisa saja memanfaatkan kawasan GBK secara gratis kalau sudah ditetapkan para pemainnya oleh Kemenpora karena mereka akan mewakili negara," tutup Winarto.

Sebagai informasi, PSSI akan menggunakan Lapangan ABC untuk menggelar training camp (TC) atau pemusatan latihan buat Timnas Indonesia U-19, serta Timnas Senior Indonesia pada Juli 2020 mendatang.