In-depth

Bukan Pelatih 'Kaleng-kaleng', Level Shin Tae-yong Tak Cocok untuk PSSI?

Minggu, 21 Juni 2020 16:13 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Garfis: Yanto/INDOSPORT
Pertentangan tajam antara PSSI dan Shin Tae-yong menimbulkan pertanyaan apakah PSSI tak sanggup mengakomodasi level dari mantan pelatih Korea Selatan tersebut? Copyright: © Garfis: Yanto/INDOSPORT
Pertentangan tajam antara PSSI dan Shin Tae-yong menimbulkan pertanyaan apakah PSSI tak sanggup mengakomodasi level dari mantan pelatih Korea Selatan tersebut?

FOOTBALL265.COM - Pertentangan tajam antara PSSI dan Shin Tae-yong menimbulkan pertanyaan apakah PSSI tak sanggup mengakomodasi level dari mantan pelatih Korea Selatan tersebut?

Kisruh PSSI dengan Shin Tae-yong semakin memanas. Setelah curhat Shin Tae-yong kepada media Korea Selatan soal kelemahan PSSI, kini gantian PSSI yang menekan balik pelatih 51 tahun itu. 

Dalam sebuah wawancara dengan media Korea Selatan, Naver Sport, Shin Tae-yong mengutarakan sejumlah kekecewaannya kepada PSSI. Tae-yong secara terang-terangan mengadu soal PSSI yang kerap mengubah sikap hingga menyinggung masalah transparansi. 

Setengah tahun memegang timnas, Tae-yong mulai merasa gerah karena PSSI tidak konsisten dalam memegang janjinya, termasuk dalam menyusun kebijakan untuk Timnas Garuda. 

Shin Tae-yong juga secara khusus mengutarakan kekecewaannya terhadap Indra Sjafri sekaligus sikap PSSI terhadap pelatih asal Sumatera Barat tersebut. 

Pernyataan Shin Tae-yong ini pun sampai juga ke kuping PSSI. Seperti dugaan, PSSI merasa tidak terima dan menantang sekaligus mengancam Shin Tae-yong.

Melalui Ketua Satuan Tugas Timnas Indonesia, Syarif Bastaman, Shin Tae-yong diminta untuk kembali ke Indonesia pada pekan depan. Jika tidak bisa memenuhi panggilan, maka Tae-yong dipecat. 

"Kalau tak datang harus kami evaluasi, mungkin dipecat. Sejago siapa pun dia, kalau dia tidak datang, tak mau melatih bisa saja," kata Syarif Bastaman.