Bola Internasional

3 Pemain Belanda Blasteran Jawa yang Bisa Dipanggil Timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia

Jumat, 10 Juli 2020 20:33 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Sejumlah pemain Belanda blasteran Jawa sepertinya bisa dipanggil Timnas Indonesia U-19 untuk gelaran Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Fenomena pemain keturunan memang sudah menjadi pemandangan umum bagi persepak bolaan Indonesia. Faktor sejarah hingga perkawinan beda negara, membuat fenomena pemain keturunan terus tumbuh subur.

Penyebaran pemain keturunan mayoritas berada di Belanda. Maklum, dahulu Indonesia sangat lama dijajah Belanda, sampai menyentuh durasi 3,5 abad.

Kondisi teranyar, muncul banyak sosok keturunan yang usianya masih sangat muda dan menghiasi sepak bola Belanda. Mereka rata-rata usianya masih di bawah 19 tahun, tapi sudah mampu menembus tim-tim top Eredivisie.

Fakta itu jelas bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia U-19 jelang keikutsertaan dalam ajang Piala Dunia U-20 2021. Khususnya pemain-pemain Belanda blasteran Jawa, setidaknya ada tiga nama yang mungkin dapat dipanggil Timnas Indonesia U-19.

Lalu, siapa sajakah para pemain Belanda blasteran Jawa yang mungkin dipanggil Timnas Indonesia U-19 tersebut? Mari simak rangkumannya berikut ini.

Ivar Jenner

© https://www.instagram.com/ivar.jenner/
Ivar Jenner, Wonderkid Indonesia di Eredivisie Belanda. Copyright: https://www.instagram.com/ivar.jenner/Ivar Jenner, Wonderkid Indonesia di Eredivisie Belanda.

Nama Ivar Jenner merupakan gelandang muda berusia 15 tahun yang kini sedang menjalani karier bersama klub Eredivisie Belanda, FC Utrecht. Mengingat usianya yang masih sangat muda, Ivar Jenner harus lebih dulu ditempa oleh level tim junior FC Utrecht U-16.

Kualitas Ivar Jenner sebagai pemain muda FC Utrecht tampak menjanjikan. Buktinya Ivar Jenner beberapa kali dipercaya memegang jabatan kapten bagi timnya.

Ivar Jenner sendiri diketahui punya darah Indonesia di dalam tubuhnya. Darah Indonesia didapat Ivar Jenner karena ayahnya asli berasal dari Jawa.

"Saya mendapat darah Indonesia dari ayah saya. Lebih tepatnya adalah kakek saya yang lahir di Jawa," ungkap Ivar Jenner kepada awak INDOSPORT.

Melihat segala fakta tersebut, sosok Ivar Jenner pun sepertinya bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia U-19. Kemampuan Ivar Jenner yang sudah ditempa oleh level sepak bola Eropa, diyakini akan sangat berguna bagi permainan Timnas Indonesia U-19 dalam ajang Piala Dunia U-20 2021.

Kebetulan, Ivar Jenner sendiri membuka peluang untuk memperkuat Timnas Indonesia. Namun Ivar Jenner masih dilema, antara memilih Timnas Indonesia atau Belanda.

"Saya mungkin akan menerimanya jika ada panggilan dari Timnas Indonesia. Tapi masih belum yakin, karena skuat Belanda juga merupakan tim yang sangat bagus," ujar Ivar Jenner kepada INDOSPORT.

"Saya belum bisa memutuskannya sekarang, pada masa yang akan datang pasti saya akan mengambil sikap," tambah Ivar Jenner.