Liga Indonesia

Bagai Sayur Tanpa Garam, Absennya Lima Tim Bakal Buat Liga 1 2020 Terasa Hambar

Sabtu, 11 Juli 2020 22:34 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Bagai Sayur Tanpa Garam, Absennya Lima Tim Bakal Buat Liga 1 2020 Terasa Hambar Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Bagai Sayur Tanpa Garam, Absennya Lima Tim Bakal Buat Liga 1 2020 Terasa Hambar

FOOTBALL265.COM - Jelang kembali bergulirnya Liga 1 2020, lima tim peserta berpotensi absen lantaran belum menyetujui keputusan PSSI dan PT.LIB, hal tersebut bisa membuat kompetisi musim ini terasa hambar.

Kompetisi Liga 1 2020 sendiri memang dipastikan bakal kembali berjalan, meski pandemi Corona di Tanah Air belum menemukan titik reda sampai pertengahan bulan Juli ini.

Kepastian berlanjutnya kompetisi tersebut disampaikan langsung oleh PSSI, melalui Surat Keputusan (SK) dengan Nomor SKEP/53/VI/2020 yang menyebut bahwa Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 akan dilanjutkan.

Kabar waktu kick off lanjutan Liga 1 2020 pun sempat berhembus, dan diketahui bahwa tanggal 1 Oktober menjadi waktu kembali bergulirnya kompetisi.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator melalui Direktur Utama, Akhmad Harian Lukita juga tak menampik kabar kick-off pada 1 Oktober mendatang, meski LIB masih akan berdiskusi lagi dengan klub-klub peserta.

Ragam respon diberikan para peserta Liga 1 2020 terkait kabar berlanjutnya kompetisi, mulai dari menyambut baik hingga menolak lantaran kondisi pandemi masih sangat mencekam.

Beberapa tim yang menyambut baik kembali bergulirnya Liga 1 2020 adalah Persija Jakarta dan Arema FC. Dua tim tersebut bersedia tampil di Liga 1 namun dengan beberapa persyaratan.

Persija misalnya, melalui  Direktur olahraga, Ferry Paulus, menyebut jika skuad Macan Kemayoran akan ikut serta Liga 1 2020 jika grafik Corona mulai melandai serta kompetisi diselenggarakan di tempat netral dan aman dari penyebaran virus.

Sedangkan Arema FC, setuju dengan rencana kembali bergulirnya Liga 1 2020 bahkan siap andai markas Singo Edan menjadi home base sementara tim lain andai rencana sentralisasi liga di pulau Jawa diterapkan.

Meski beberapa peserta menyatakan setuju, namun sejumlah tampak menolak kebijakan kembali bergulirnya Liga 1 2020 lantaran kondisi pandemi virus Corona di Indonesia dianggap belum membaik.

Tercatat sampai saat ini, ada lima tim yang masih belum menyetujui rencana bergulirnya kembali liga dan berpotensi batal tampil di sisa gelaran Liga 1 2020.

Andai itu terjadi, maka gelaran Liga 1 2020 nanti kemungkinan akan sedikit hambar lantaran lima tim yang absen merupakan peserta dengan tingkat animo penonton cukup tinggi serta tim-tim kuda hitam Indonesia.