Liga Indonesia

Tekad PSSI dan Menpora Terkait Piala Dunia U-20 2021, Kalahkan Polandia

Minggu, 12 Juli 2020 15:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Mochammad Iriawan melanjutkan inspeksi calon stadion Piala Dunia U-20 2021. Kali ini giliran Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Mochammad Iriawan melanjutkan inspeksi calon stadion Piala Dunia U-20 2021. Kali ini giliran Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

FOOTBALL265.COM - PSSI siap berbagi tugas dengan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menggelar Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Federasi dan Menpora bertekad menyukseskan gelaran event bergengsi tersebut dibanding tuan rumah sebelumnya.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, federasi akan fokus pada persiapan dan prestasi Timnas Indonesia U-19, sedangkan pemerintah akan mensupport lewat penyelengaraan seperti menyiapkan fasilitas dan lain sebagainya.

"Seperti hasil rapat internal Kementerian di Istana Merdeka bersama Presiden Jokowi, kita sudah dibagi tugas. Kemenpora melaksanakan penyelenggaraan, kemudian pembangunan venue oleh Kementerian PUPR, dan PSSI fokus kepada tim nasional," katanya.

"PSSI akan fokus untuk peningkatan prestasi timnas. Insya Allah, timnas akan kami tingkatkan performanya sesuai dengan harapan rakyat Indonesia. Kami juga berharap sukses untuk penyelenggaraan, venue, serta prestasi timnas di Piala Dunia U-20 2021 mendatang," tambah pria yang akrap disebut Iwan Bule tersebut.

Sementara itu, Menpora, Zainudin Amali menyatakan, pemerintah siap membantu dan mendukung PSSI terkait Piala Dunia U-20 2021. Saat ini, pemerintah juga sudah menerima pengajuan anggaran dari PSSI dan akan menyesuaikannya.

"Setelah keputusan Presiden jalan, antara PSSI, FIFA, dan Kemenpora, kami terus berkoordinasi. Timnas Indonesia kami bantu pembiayaannya, saat ini anggaran dari PSSI sudah masuk dan dalam tahap review," ujarnya.

"Semoga segala sesuatunya menjadi ringan dan tak ada hambatan berarti dalam persiapan. Kami juga ingin Piala Dunia U-20 sukses secara penyelenggaraan, prestasi timnas, dan baik dalam administrasi," tutup Zainudin.

PSSI dan pemerintah memang bertekad menjadi tuan rumah terbaik untuk Piala Dunia U-20. Hal itu sesuai dengan permintaan FIFA, sebab federasi dunia itu tidak puas dengan penyelenggaraan sebelumnya di Polandia yang minim penonton.

FIFA bahkan telah mengajukan imbauan agar setiap pertandingan minimal dihadiri 10 ribu penonton. Mereka ingin event Piala Dunia U-20 meriah layaknya di Kolombia 2011 lalu.