Liga Indonesia

Mengingat Dua Laga PSM Lawan Persiba Balikpapan dan Bhayangkara FC di Tanggal 13 Juli

Senin, 13 Juli 2020 22:01 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Mari mengingat kembali dua laga PSM Makassar saat melawan Persiba Balikpapan dan Bhayangkara FC yang dihelat tepat pada tanggal 13 Juli namun di tahun yang berbeda. Copyright: © freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Mari mengingat kembali dua laga PSM Makassar saat melawan Persiba Balikpapan dan Bhayangkara FC yang dihelat tepat pada tanggal 13 Juli namun di tahun yang berbeda.

FOOTBALL265.COM - Mari mengingat kembali dua laga PSM Makassar saat melawan Persiba Balikpapan dan Bhayangkara FC yang dihelat tepat pada tanggal 13 Juli namun di tahun yang berbeda.

Laga pertama PSM Makassar terjadi pada lanjutan pekan ke-14 Liga 1 2017 dengan melawat ke markas Persiba Balikpapan yang kala itu terjerembab di zona degradasi, tepatnya sebagai juru kunci, Kamis (13/07/17).

PSM Makassar unggul terlebih dahulu di menit ke-42 melalui sundulan kepala sang mesin gol, Reinaldo Elias da Costa, dengan memaksimalkan sepak pojok Syamsul Chaeruddin.

Namun, Beruang Madu berhasil membuat keadaan menjadi sama kuat 1-1 saat laga memasuki masa tambahan waktu menit ke-46+1 lewat aksi solo run penyerang asingnya, Marlon da Silva.

Tuan rumah bahkan berbalik unggul di saat babak kedua baru berjalan dua menit lewat sepakan setengah voli bek asingnya, Dirkir Kohn Glay, setelah menerima crossing Siswanto dari sisi kanan.

Nyaris menelan kekalahan, Ardan Aras keluar sebagai pahlawan bagi PSM Makassar lewat sebuah gol di menit ke-90+4' yang membuat laga berakhir dengan skor 2-2.

Dua tahun berselang, PSM Makassar kembali melakoni sebuah laga pada tanggal 13 Juli. Namun, kali ini bertindak sebagai tuan rumah saat melawan Bhayangkara FC pada pekan kedelapan Liga 1 2018.

Tim tamu berhasil membuat seisi Stadion Andi Mattalatta terdiam menyusul gol Andersson Salles yang menyundul tendangan bebas Flavio Beck Junior dari sisi kiri pertahanan tuan rumah.

Jelang turun minum, pergerakan Ferdinand Sinaga di dalam kotak penalti The Guardian harus dihentikan dengan paksa oleh Jajang Mulyana yang membuatnya diganjar kartu kuning.

Selain itu, wasit Hamim Tohari pun memberikan hadiah tendangan penalti untuk Pasukan Ramang yang dieksekusi dengan baik oleh Marc Klok, skor 1-1 menghiasi papan skor di babak pertama.

Setelah menjadi penyebab klubnya mendapatkan penalti, Ferdinand Sinaga menjadi pahlawan kemenangan bagi PSM Makassar pada laga di hari itu.

The Dragon berhasil memanfaatkan miss koordinasi antara Anderson Salles dan kiper Awan Setho Rahardjo saat hendak mengamankan crossing Taufik Hidayat dari sisi kanan pertahanan.

Tubrukan antara Anderson Salles dan Awan Setho memberikan bola muntah kepada Ferdinand Sinaga yang dengan mudah melepas sepakan first time yang menghujam gawang The Guardian.

Skor 2-1 menjadi hasil akhir pada laga yang dihadiri sebanyak 8.327 pasang mata tersebut dan membuat posisi PSM Makassar semakin nyaman di urutan kedua sedangkan The Guardian di peringkat delapan klasemen Liga 1.

Demikianlah kisah dua laga PSM Makassar yang terjadi pada tanggal 13 Juli di tahun berbeda saat melawat ke markas Persiba Balikpapan dan kala menjamu juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC.