Bola Internasional

Guardiola, Klopp, Mourinho Dinilai Cocok Tangani Generasi Emas Inggris

Kamis, 23 Juli 2020 15:03 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Steele/Getty Images
Pep Guardiola dan Jurgen Klopp termasuk pelatih sepak bola yang dinilai cocok tangani generasi emas Timnas Inggris. Copyright: © Michael Steele/Getty Images
Pep Guardiola dan Jurgen Klopp termasuk pelatih sepak bola yang dinilai cocok tangani generasi emas Timnas Inggris.

FOOTBALL265.COM - Tiga pelatih hebat yakni Pep Guardiola, Jurgen Klopp, dan Jose Mourinho dinilai mampu menangani para generasi emas Inggris jika mereka menjadi manajer. Klaim tersebut dilontarkan oleh legenda Liverpool, Steven Gerrard.

Steven Gerrard merupakan bagian Timnas Inggris yang bertabur bintang pada era 2000-an, bersama talenta individual lainnya seperti Wayne Rooney, Frank Lampard, dan David Beckham. Namun selama mengikuti kompetisi internasional, mereka belum pernah mempersembahkan trofi.

Di bawah tekanan fans dan media yang luar biasa, The Three Lions gagal melewati babak perempatfinal turnamen besar selama lebih dari 22 tahun, termasuk Euro 1996 dan Piala Dunia 2018, sehingga generasi Gerrard sendiri tidak pernah mendekati catatan prestasi mentereng sama sekali.

Dilansir dari Goal Internasional, Steven Gerrard merefleksikan bahwa masalah terbesar Timnas Inggris tidak pernah mendapatkan trofi internasional adalah tidak memiliki manajer dengan status atau kepribadian yang sesuai dengan para pemain.

“Saya melihat kembali Inggris dengan banyak penyesalan. Saya melihat gambar tim itu dan kami memiliki beberapa kelompok pemain yang fantastis selama bertahun-tahun. Kami mendekati pada waktu itu, tapi tidak ada yang berhasil, kami tampil sangat buruk,” kata Gerrard kepada podcast BBC.

Meski saat itu terdapat banyak pelatih sepak bola top untuk menanungi Timnas Inggris seperti Sven-Goran Eriksson, Steve Mc Claren, dan Fabio Capello, mereka masih belum bisa berhasil membawa kesuksesan..

“Melihat ke belakang, kami membutuhkan manajer yang lebih besar dari semua individu. Ada manajer-manajer yang tersedia saat itu, misalnya Rafa Benitez, tapi mungkin ia tidak ingin menjadi manajer internasional ketika itu,” tambahnya.

Mantan kapten Liverpool tersebut juga memberikan pandangannya mengenai manajer sepak bola saat ini yang bisa menangani generasi emas Inggris pada eranya. Ia menganggap bahwa Pep Guardiola, Jurgen Klopp, dan Jose Mourinho cocok untuk menangani The Three Lions.

“Saya melihat manajer-manajer sekarang lebih besar dari tim. Jurgen Klopp, Mourinho, dan Pep Guardiola. Saya pikir seseorang seperti itu yang berada di atas generasi emas yang siap membuat keputusan sulit yang akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari kelompok pemain, ini menurut saya,” ujar Stevie G.

Meski belum bisa memberikan pencapaian yang maksimal bersama Timnas Inggris, Steven Gerrard memiliki karier yang cemerlang bersama klubnya, yakni Liverpool. Salah satu yang tak terlupakan adalah juara Liga Champions tahun 2005 silam.

Meski menjuarai Liga Champions, Gerrard sendiri juga belum bisa memberikan kontribusi yang lebih kepada Liverpool saat bermain di Liga Inggris. Sampai dirinya meutuskan pensiun, The Reds belum pernah menjuarai kompetisi kasta tertinggi tersebut.

Kendati demikian, Liverpool saat ini sudah membayar tuntas penantian yang selama ini mereka lalui, yakni bisa menjuarai Liga Inggris musim 2019-2020 setelah 30 tahun lamanya.