Bola Internasional

Demi Perkuat Timnas China, Eks Bintang Chelsea Oscar Siap Dinaturalisasi

Senin, 27 Juli 2020 21:37 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© getty images
Demi Perkuat Timnas China, Eks Bintang Chelsea Oscar Siap Dinaturalisasi Copyright: © getty images
Demi Perkuat Timnas China, Eks Bintang Chelsea Oscar Siap Dinaturalisasi

FOOTBALL265.COM - Salah satu mantan pemain Chelsea, Oscar, membuat kejutan dengan siap dinaturalisasi agar bisa memperkuat Timnas China.

Nama Oscar sendiri memang sempat ramai diperbincangkan pada periode 2012 hingga 2016 lalu. Di mana pemain asal Brasil ini mampu tampil gemilang di Liga Inggris saat berseragam Chelsea.

Namun pada 2017, gelandang bernama lengkap Oscar dos Santos Emboaba Júnior ini membuat kejutan dengan memutuskan hijrah dari kompetisi Eropa menuju Liga China bersama Shanghai SIPG.

Padahal saat itu, Oscar masih berada di usia muda yakni 25 tahun dan punya potensi besar untuk bisa semakin bersinar di kancah Eropa.

Tiga tahun memperkuat Shanghai SIPG, tampaknya Oscar mulai merasa jatuh cinta dengan negeri Tirai Bambu tersebut bahkan ia bersedia dinaturalisasi agar bisa berseragam Timnas China.

Mengutip wawancaranya di Sportscene, dirinya menyebut bahwa peluang tampil di Timnas Brasil saat ini sangatlah sulit sehingga Timnas China bisa menjadi alternatif kariernya di level internasional.

“Tentu saja saya memikirkannya (gabung Timnas China), karena sulit untuk menembus tim nasional Brasil saat ini. Tetapi di China, semua orang melihat betapa bagusnya saya bermain,” ucap Oscar.

“Timnas China sendiri membutuhkan satu gelandang berkualitas. Saya suka Cina, jadi saya pikir bisa membantu mereka (dengan memperkuat Timnas),” tambahnya.

Sebelum hengkang ke China, sejatinya Oscar merupakan salah satu pemain muda bertalenta. Total, mantan pemain Internacional ini mampu memainkan 203 laga dan mencetak 38 gol bersama Chelsea.

Selain itu, Oscar juga ikut membantu The Blues meraih tiga gelar Liga Inggris, serta masing-masing satu trofi Football League dan UEFA Europa League.

Walau keinginan Oscar untuk membela Timnas China begitu tinggi, namun mimpinya itu bakal sedikit terganjal lantaran ia sudah pernah tampil bersama Timnas senior Brasil sejak 2011 lalu. Bahkan, Oscar sempat membantu Timnas Brasil menjuarai gelar FIFA Confederations Cup tahun 2013 silam.