Liga Spanyol

Abaikan Messi, Koeman Bikin Barcelona Selamat Berkat Bintang Ini

Selasa, 18 Agustus 2020 20:30 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Keputusan Lionel Messi untuk kukuh ingin pergi membuat raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona gigit jari. Akan tetapi berkat ditunjuknya Ronald Koeman sebagai pengganti Quique Setien, mereka bisa selamat berkat bintang ini.

Sejak awal musim rentetan masalah memang sudah menerpa kubu Catalan hingga kian memperkeruh performa mereka di lapangan. Sebut saja konflik internal selepas pemecatan Ernesto Valverde, krisis ekonomi imbas pandemi, korupsi manajemen, hingga buruknya kualitas pelatih Setien.

Barca yang dikenal sebagai tim ditakuti di kancah domestik dan Eropa pun pada akhirnya meraih predikat nirgelar usai tak bisa rebut LaLiga Spanyol dari Real Madrid dan dihabisi 2-8 para perempatfinal Liga Champions saat bersua Bayern Munchen. Tak heran Messi mulai ragu akan perpanjangan kerjasama di Camp Nou dan ingin angkat kaki.

Setelah beragam hasil tragis tersebut, kubu Blaugrana pun menumbalkan Setien dan berencana menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih utama. Melansir laman berita Mirror, mengingat Messi akan hengkang, sang juru takti anyar justru akan menggunakan kekuatan pemain lain yakni Philippe Coutinho.

Ya, selagi Messi akan pilih angkat kaki dari Barcelona ini bisa menjadi kesempatan bagus agar Koeman pertimbangkan kegunaan dari Coutinho. Seperti diketahui, eks gelandang serang Liverpool ini sempat menjadi bintang buangan setelah dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Mengingat adanya revolusi dengan rotasi pelatih, Coutinho bisa menunjukkan diri akan tempatnya usai hasil gemilang bareng The Bavarians di pentas Eropa. Belum lagi The Little Magician akan menjadi sosok penyelamat kala Lionel Messi tak lagi mendominasi di klub.

Semenjak didatangkan dengan harga fantastis 160 juta euro (Rp2,8 triliun) dari The Reds, Coutinho sejatinya kurang bisa tampil menonjol hingga hanya catatkan 21 gol dan 11 assists dalam 76 laga. Maklum, kegemilangan Messi membuatnya kurang oke hingga hanya jadi pesakitan.

Akan tetapi walaupun bisa menjadi penyelamat Koeman, Coutinho berpotensi justru menetap di Munchen atas potensi hebatnya jika sukses menangi Liga Champions. Selain itu Barcelona tentu tak mau kehilangan 'Anak Emas' dengan cara memberikan segala hal yang diinginkan oleh Messi jelang musim lanjutan LaLiga Spanyol.