Liga Inggris

Arsenal Izinkan Fans Nonton Langsung di Emirates Stadium

Sabtu, 22 Agustus 2020 11:06 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Lanjar Wiratri
© independent
Klub Liga Inggris, Arsenal berencana untuk menghadirkan kembali para pendukungnya di stadion Emirates sama seperti sebelum adanya pandemi virus corona. Copyright: © independent
Klub Liga Inggris, Arsenal berencana untuk menghadirkan kembali para pendukungnya di stadion Emirates sama seperti sebelum adanya pandemi virus corona.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Inggris, Arsenal berencana untuk menghadirkan kembali para pendukungnya di stadion Emirates sama seperti sebelum adanya pandemi virus corona.

Sejak adanya pandemi virus corona, kompetisi sepak bola di dunia termasuk di Inggris harus ditangguhkan untuk sementara waktu agar meminimalisir penyebaran virus asal Wuhan, China tersebut.

Namun, FIFA selaku federasi sepak bola dunia menegaskan akan melangsungkan kembali kompetisi sepak bola di tengah pandemi. Hal tersebut disambut baik oleh FA selaku asosiasi sepak bola Inggris dan juga para klub peserta di Liga tertinggi Inggris.

Kompetisi Liga Inggris sendiri akhirnya dimulai kembali pada tanggal 17 Juni 2020 lalu dengan beberapa format tambahan salah satunya tidak adanya penonton untuk datang ke stadion demi mencegah penyebaran pandemi virus corona.

Jadi dalam setiap pertandingan di Liga Inggris berlangsung di balik pintu tertutup hingga selesainya kompetisi tersebut. Saat ini, situasi tersebut berlangsung membaik dan kini pihak klub tengah berupaya melakukan mediasi dengan pihak pemerintah agar mengizinkan kembali fans datang ke stadion.

Kompetisi Liga Inggris musim 2020/21 rencananya akan mulai digelar pada 12 September mendatang. Berhubung waktunya cukup mepet maka pertandingan di hari pertama tersebut akan digelar tanpa kehadiran penonton.

Kendati demikian, Arsenal ternyata sudah memiliki rencana tersendiri. Mereka mengirimkan e-mail kepada para pendukung setianya akan berencana membuka stadion saat bertanding melawan Sheffield United pada tanggal 3 Oktober 2020 mendatang.

“Kami kecewa bahwa laga kandang kai melawan West Ham United pada 19 September waktu setempat bakal dimainkan secara tertutup. Namun berdasarkan pedoman pemerintah saat ini, kami berharap bisa menyambut kembali suporter di Emirates Stadium pada laga kontra Sheffield United yang akan dijadwalkan hari Sabtu 3 Oktober,” tulis Arsenal dalam surel yang dilansir dari Arsenal News.

Meski mengizinkan para penonton untuk hadir ke dalam stadion dalam pertandingan tersebut, pihak Arsenal berniat akan mengurangi jumlah penonton yang boleh masuk ke stadion. Mengingat masih adanya penerapan social distancing dari pemerintah Inggris.

“Kami akan memberikan informasi penuh terkait kehadiran penonton dalam pertandingan dengan kapasitas renda pada Rabu, 2 September 2020 mendatang,” tambah surel tersebut.

Kebijakan yang dikeluarkan oleh Arsenal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi klub dari segi keuangan. Mereka akan mendapatkan pemasukan lagi karena The Gunners memiliki pendapatan 24 persen dari penjualan tiket pertandingan.

Arsenal sendiri akan berhadapan dengan Liverpool dalam kompetisi Community Shield yang akan dilangsungkan pada 29 Agustus 2020 mendatang. pertandingan ini diadakan setiap tahun yang mempertemukan dua klub juara Piala FA dan Liga Inggris.