Liga Inggris

Liverpool Mendominasi Gara-gara Lionel Messi di Barcelona, Kok Bisa?

Senin, 7 September 2020 13:35 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© The Telegraph
Keputusan Lionel Messi di Barcelona ternyata berikan efek domino agar Liverpool tetap mendominasi Liga Inggris. Copyright: © The Telegraph
Keputusan Lionel Messi di Barcelona ternyata berikan efek domino agar Liverpool tetap mendominasi Liga Inggris.

FOOTBALL265.COM - Setelah sempat berseteru, akhir cerita drama membuat Lionel Messi putuskan tak jadi pergi dan menetap di Barcelona. Bak efek domino, hal ini membuat Liverpool akan mendominasi Liga Inggris.

Dalam beberapa pekan terakhir, imbas gelar liga domestik yang terenggut dan insiden memalukan 2-8 kontra Bayern Munchen di Liga Champions sukses membuat Messi frustasi. Tak heran ia sudah memasang ancang-ancang untuk pergi ke Manchester City lewat kontak langsung Pep Guardiola.

Akan tetapi langkah ini urung terealisasi usai pihak Barca dan LaLiga memaksa La Pulga menebus klausal rilis 700 juta euro (Rp12 triliun). Batal pindah ke City dan melanjutkan karier di Barcelona dengan rasa tak senang, Liverpool malah terkena imbas keputusan sang bintang.

Melansir laman Liverpool, gara-gara hal tersebut The Reds tak perlu khawatir liga Inggris akan beralih ke Manchester City mengingat pemain terbaik dunia tak jadi singgah ke Etihad Stadium. Bayangkan saja amunisi Messi bisa membuat skuat Jurgen Klopp frustasi karena gabung The Citizen yang notebene musuh terkuat di liga domestik.

Imbas kegagalan transfer ini membuat Manchester City akan mencari pemain lain seperti Kalidou Koulibaly untuk perkuat lini belakangnya. Masih dalam sumber yang sama, Meskipun terlihat menjanjikan, kehadiran bek Napoli ini tak semenakutkan ancaman jangka panjang jika Messi turun ke kompetisi kasta atas BigBen.

Efek berantai kini berlanjut ke Liverpool yang mendapat untung dari Barcelona, pasalnya karena membuat sang kapten masuk skema Ronald Koeman, posisi Antoine Griezmann kini jadi tanda tanya. Striker asal Prancis itu kemungkinan besar akan kembali jadi pesakitan dan justru bakal dijual.

Memiliki harga transfer cukup mahal yakni 108 juta poundsterling (Rp2,1 triliun), Liverpool berkesempatan mendapatkan jasanya dengan harga relatif murah. Alasannya sederhana, Koeman selaku pelatih Barcelona merasa tertarik untuk bereuni dengan Georginio Wijnaldum sehingga berpotensi korbankan Griezmann.

Bak sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, Liverpool pun mendapat amunisi tambahan berupa Griezmann dari Barcelona dan berkesempatan membuat susunan pemain mematikan demi pertahankan Liga Inggris. Namun mereka tetap wajib waspada karena Manchester City tetap akan berusaha datangkan Messi tahun depan.