Liga Inggris

Genap 5 Tahun di Liverpool, Apa Saja Catatan Apik Jurgen Klopp?

Jumat, 9 Oktober 2020 19:39 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© Shaun Botterill/Getty Images
Genap 5 tahun berada di Anfield, Jurgen Klopp berhasil merevolusi Liverpool menjadi salah satu tim terkuat di Liga Inggris dan bahkan di Eropa saat ini. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Genap 5 tahun berada di Anfield, Jurgen Klopp berhasil merevolusi Liverpool menjadi salah satu tim terkuat di Liga Inggris dan bahkan di Eropa saat ini.

FOOTBALL265.COM – Genap 5 tahun berada di Anfield, Jurgen Klopp berhasil merevolusi Liverpool menjadi salah satu tim terkuat di Liga Inggris dan bahkan di Eropa saat ini.

Sebelum Klopp datang, skuat Liverpool bukan merupakan skuat terkuat di Liga Inggris. Bahkan skuat yang The Reds miliki tak lebih baik dari skuat yang dimiliki oleh klub-klub semacam Tottenham Hotspur dan yang setara.

Klopp datang dan berhasil merevolusi skuat Liverpool. Hasilnya Liverpool berhasil merengkuh trofi Liga Primer Inggris untuk kali pertama sejak 30 tahun.

Selain itu, Klopp juga berhasil mengantarkan trofi Liga Champions kelima untuk Liverpool sekaligus sukses menjadi kampiun di ajang Piala Super Eropa dan juga di gelaran Piala Dunia Antarklub.

Dari data yang dirangkum oleh Stats Perform menyebutkan jika Klopp sukses memenangi 164 laga dari 272 laga yang dirinya mainkan bersama Liverpool.

Presentase kemenangan juru taktik asal Jerman tersebut berada di angka 60,3 persen dan menjadi pelatih Liverpool dengan presentase kemenangan terbaik sepanjang masa.

Catatan Klopp mengungguli nama-nama legendaris yang pernah duduk sebagai pelatih Liverpool, seperti Kenny Dalglish, Bob Paisley, William Edward Barclay, Rafael Benitez, dan Joe Fagan.

Dirinya juga berada di urutan kedua daftar pelatih Liga Inggris terbaik sepanjang masa dengan rataan poin per pertandingan mencapai 2,13 poin.

Lebih baik dari Sir Alex Ferguson, Antonio Conte, Jose Mourinho, Roberto Mancini, dan hanya kalah dari rataan 2,33 poin per pertandingan yang berhasil dicatatkan oleh Pep Guardiola.

Catatan impresif lainnya adalah 18 kemenangan beruntung dari Oktober 2019 hingga Februari 2020 yang termasuk ke dalam bagian dari 44 laga tak terkalahkan Liverpool sejak Januari 2019.

Statistik tersebut hanya kalah dari pencapaian Arsenal dengan 49 laga tak terkalahkan dari Mei 2003 sampai dengan Oktober 2004 yang menjadi jumlah terbanyak di Liga Inggris hingga saat ini.

Catatan dan pencapaian yang ditorehkan oleh Klopp ini tentunya bakal berlanjut mengingat Liverpool masih akan terus memakai jasanya hingga beberapa tahun ke depan.