In-depth

Man United Punya Class of '92, Liverpool Punya Geng Spice Boys

Selasa, 10 November 2020 17:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Neal Simpson/EMPICS via Getty Images
Spice Boys Liverpool, pesaing Class of '92 Manchester United? Copyright: © Neal Simpson/EMPICS via Getty Images
Spice Boys Liverpool, pesaing Class of '92 Manchester United?

FOOTBALL265.COM - Spice Boys, grup milik Liverpool ini sepertinya jadi saingan Class of ‘92 yang dimiliki rival mereka di Liga Inggris, Manchester United.

Spice Boys? Terdengar seperti nama yang familiar. Beberapa orang yang membaca dua kata tersebut mungkin ada yang berpikir tentang grup wanita populer yang salah satu anggotanya adalah istri David Beckham, Spice Girls.

Ternyata, memang ada kaitannya loh, Sobat INDOSPORT. Sebutan Spice Boys diberi oleh media-media Inggris, yang pertama adalah Daily Mail, ketika muncul kabar asmara yang menyeret nama Robbie Fowler dan personel Spice Girls, Emma Bunton.

Kemudian, nama Spice Boys mulai digunakan untuk menyebut sejumlah pemain Liverpool yang dianggap elite dan high profile, yakni Jamie Redknapp, David James, Steve McManaman, Robbie Fowler, dan Jason McAteer.

Selain lima nama tersebut, Stan Collymore, Phil Babb, Stan Collymore, dan Paul Ince juga disebut-sebut sebagai anggota ‘geng’ ini. Para anggota Spice Boys dianggap sebagai pemain yang punya gaya hidup mewah.

Istilah Spice Boys ini pun semakin tenar saja saat era tahun 1990-an, apalagi ketika para anggotanya terlihat eksis di dunia hiburan dan tampil glamor.

Nama panggilan Spice Boys mungkin dianggap keren bagi sebagian orang, namun sebagiannya lagi tidak, termasuk para pemain Liverpool sendiri. Bisa dibilang, mereka jengah dengan istilah tersebut.

“Faktanya kami adalah kumpulan profesional yang tidak pantas dipanggil seperti itu. Orang-orang memandang kami sebagai pemain yang tidak berprestasi dan hanya suka jalan-jalan,” ucap McAteer seperti pernah diberitakan laman Goal Internasional.

Salah satu eksistensi Spice Boys yang sempat menyita perhatian banyak orang adalah penampilan mereka dengan jas putih, lengkap dengan dasi bermotif strip merah-putih, dan dalaman kemeja berwarna biru.

Saat itu, Liverpool berada di Wembley untuk acara final Piala FA 1996. Parahnya, busana tersebut justru membuat imej Spice Boys semakin melekat dalam diri pemain-pemain yang bersangkutan.

Beberapa bintang seperti SteveMcManaman dan Jamie Redknapp yang punya wajah tampan pun terlihat makin necis, meski penampilan mereka itu sempat menuai cibiran bahkan kritik pedas dari pelatih Manchester United saat itu, Sir Alex Ferguson.