Bola Internasional

Jadi Kapten Timnas Belanda, Wijnaldum Ratapi Ketiadaan Van Dijk

Kamis, 12 November 2020 16:37 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Georginio Wijnaldum mendapatkan kehormatan untuk menjadi kapten Timnas Belanda ketika bertanding menghadapi Spanyol pada partai persahabatan, namun ia merasa hampa karena ketiadaan Virgil van Dijk.

Die Oranje mengundang La Furia Roja ke Amsterdam pada pertandingan persahabatan, Kamis (12/11/20) dini hari WIB, dan laga berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Gol pembuka dari Sergio Canales untuk tim tamu pada menit ke-18 disamakan oleh Donny van de Beek ketika babak kedua baru bergulir dua menit di Johan Cruyff ArenA.

Wijnaldum bermain selama 45 menit dan mendapatkan kehormatan untuk menjadi kapten karena rekan setimnya di Liverpool sekaligus kapten timnas Belanda, Van Dijk, sedang menepi akibat cedera ligamen lutut anterior (ACL).

"Tentu saja itu adalah hal yang menyenangkan untuk bisa mewakili negara dengan cara seperti ini," kata Wijnaldum, yang baru merayakan ulang tahun ke-30-nya pada hari Rabu (11/11/20) kemarin, dilansir dari Goal International.

"Namun saya akan lebih suka jika Van Dijk ada di sini, dan karena itu, dialah yang akan menjadi kapten bagi kami," imbuhnya.

Sang defender berusia 29 tahun itu harus menepi lama setelah ditekel oleh kiper Everton, Jordan Pickford, dan harus melalui operasi lutut pada akhir bulan Oktober lalu.

Cedera ACL biasanya memerlukan waktu yang lama untuk bisa pulih, dan mantan bintang Southampton ini pun diperkirakan tidak akan bisa tampil lagi di sisa musim ini.

Bagi Wijnaldum, Van Dijk lebih dari sekadar rekan setim di klub dan timnas, keakraban mereka pun terlihat dari pengakuannya berbicara melalui telepon, perihal hari ulang tahun sang gelandang.

"Dia membuat tim kami menjadi lebih kuat dan pada saat ini masih bersama kami. Saya meneleponnya sebelum laga, kami berbicara tentang ulang tahun saya. Namun saya akan meneleponnya lagi nanti," pungkasnya.

Sementara itu, Belanda akan kembali dalam persiapannya untuk melakoni dua pertandingan terakhir di pentas UEFA Nations League, kontra Polandia dan Ukraina.

Skuad asuhan Frank de Boer itu kini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A1. Georginio Wijnaldum dkk terpaut dua poin dari Polandia dan satu poin dari Italia.