Liga Indonesia

Ambil Lisensi Kepelatihan, Bek Senior Persipura Akui Banyak Dapat Ilmu

Sabtu, 14 November 2020 13:39 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Bek senior Persipura Jayapura, Yustinus Pae mengaku banyak mendapatkan ilmu dalam kursus kepelatihan lisensi C AFC yang diikutinya bersama 24 pemain di Bali. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Bek senior Persipura Jayapura, Yustinus Pae mengaku banyak mendapatkan ilmu dalam kursus kepelatihan lisensi C AFC yang diikutinya bersama 24 pemain di Bali.

FOOTBALL265.COM - Bek senior Persipura Jayapura, Yustinus Pae mengaku banyak mendapatkan ilmu dalam kursus kepelatihan lisensi C AFC yang diikutinya bersama 24 pemain di Bali, yang berlangsung pada 1 - 16 November 2020.

Bek kanan tim berjulukan Mutiara Hitam ini juga menuturkan, banyak mendapatkan pelajaran berharga tentang gambaran menjadi seorang pelatih sepak bola dalam kursus tersebut.

Tipa mengaku, menjadi seorang pelatih ternyata tak semudah yang dibayangkan. Bukan hanya sekadar punya basic pesepakbola, tapi juga harus dibekali dengan teknis yang mendasar.

"Tentu saya bersyukur atas kesempatan emas ini, saya pikir banyak hal baru yang saya bisa dapat di sini. Terpenting mungkin menjadi seorang pelatih itu tidak semudah yang dibayangkan, harus butuh banyak ilmu," ujar Tipa saat dihubungi awak media olahraga INDOSPORT, Sabtu (14/11/20).

Kendati mengaku sulit, namun Tipa optimistis bisa menggapai cita-citanya untuk menjadi pelatih sehabis memutuskan pensiun sebagai pemain.

 "Intinya, semua harus terus dan terus dipelajari. Saya pikir itu yang paling terpenting," ungkapnya.

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago memberikan dukungan penuh kepada dua anak asuhnya yakni Boaz Solossa dan Yustinus Pae (Tipa) yang kini tengah mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC di Bali.

Pelatih asal Brasil ini mengakui sudah selayaknya jika kedua penggawanya itu mulai menyiapkan bekal karier selanjutnya sebelum memutuskan pensiun.

Boaz dan Tipa menjadi pemain senior Persipura ketiga setelah Ricardo Salampessy yang telah lebih dulu mengambil lisensi kepelatihan. Jacksen pun mengaku senang dengan keputusan mereka.

"Saya sangat bangga dengan keputusan mereka, begitu juga Ricardo Salampessy yang sudah lebih dulu. Kalau melihat secara logika, mereka lebih dekat dari masa pensiun, dari pada masa produktif sebagai pemain," ujar Jacksen.

Jacksen memberikan dukungan penuh kepada tiga pemain pilar Persipura itu untuk melanjutkan karier sebagai pelatih usai memutuskan pensiun sebagai pemain.

"Menurut saya sudah sangat pantas mereka mulai melihat masa depan mereka, pasca nanti sudah tidak bermain lagi. Sebuah langkah yang sangat bijak dari mereka bertiga. Saya mensupport secara penuh," kata Jacksen.