In-depth

Terry Cooke, Anggota Geng Elite Manchester United yang Terlupakan

Sabtu, 14 November 2020 19:02 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Barrington Coombs/EMPICS via Getty Images
Terry Cooke, mantan pemain Manchester United yang terlupakan. Copyright: © Barrington Coombs/EMPICS via Getty Images
Terry Cooke, mantan pemain Manchester United yang terlupakan.

FOOTBALL265.COM - Terry Cooke, mungkin nama yang terlupakan di Class of ‘92 milik klub Liga Inggris, Manchester United.

Seperti diketahui, ‘geng’ elite The Red Devils tersebut beranggotakan pemain-pemain hebat yang tampil di tim utama meski masih belia seperti David Beckham, Gary Neville, Phillip Neville, Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Nicky Butt.

Lalu bagaimana dengan Terry Cooke? Tidak seperti rekan-rekannya, nasib pria kelahiran 5 Agustus 1976 tersebut tidak begitu baik lantaran ia harus bersusah payah memastikan tempat di tim utama.

Jika ditanya ke mana perginya Cooke, jawabannya adalah Amerika Serikat. Kini ia menangani sebuah tim junior di klub sepak bola bernama Denver Kickers di Colorado, sebagai ADV Director of Coaching.

Di Denver, Cooke memulai kembali hidupnya yang sempat berantakan di Inggris. Secara blak-blakan, ia pun mengakui bahwa Amerika Serikat adalah tempat penuh harapan baginya dan keluarganya.

“Pergi ke Amerika adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat, semua orang sangat optimistis di sini. Di Inggris, rasanya seperti orang-orang sedang menanti untuk menjatuhkan Anda,” kata Terry Cooke seperti diberitakan laman Daily Mail.

Kehadirannya di Denver Kickers pun disambut baik oleh banyak pihak. Label Manchester United yang melekat pada diri Cooke membantu meningkatkan popularitas olahraga si kulit bundar di Negeri Paman Sam.

Hal ini pun membuktikan bahwa nama besar Manchester United dan Liga Inggris memang sudah dikenal luas oleh dunia, bahkan membawa pengaruh yang cukup signifikan di negara orang.

Hanya saja, Terry Cooke dan Manchester United adalah sebuah kisah yang cukup pedih, meski pria yang bernama lengkap Terence John Cooke tersebut pernah jadi bagian hebat Class of ‘92 yang terkenal itu.

Lahir di sebuah desa bernama Maston Green, West Midlands, Inggris, Cooke tumbuh sebagai seorang penggemar Birmingham City. Akan tetapi, The Red Devils dengan cerdas mencium bakatnya dan merekrutnya ke akademi.

Saat itu, Cooke baru berusia 14 tahun. Meski lulus lebih belakangan ketimbang David Beckham dkk, ia tampil gemilang sebagai pemain muda yang menjanjikan, debut di tim utama saat usia 19 tahun.