In-depth

Nasib Pilu Borussia Dortmund Babak Belur Ditinggal Erling Haaland

Sabtu, 19 Desember 2020 11:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Pinterest
Borussia Dortmund mengalami penurunan performa drastis di Bundesliga Jerman ketika striker andalan mereka, Erling Haaland, harus absen. Copyright: © Pinterest
Borussia Dortmund mengalami penurunan performa drastis di Bundesliga Jerman ketika striker andalan mereka, Erling Haaland, harus absen.

FOOTBALL265.COM - Borussia Dortmund mengalami penurunan performa drastis di Bundesliga Jerman ketika striker andalan mereka, Erling Haaland, harus absen. 

Borussia Dortmund harus menelan pil pahit kala bertandang ke markas Union Berlin dalam lanjutan Bundesliga Jerman 2020-2021. Pada laga tersebut, Die Borussen ditekuk dengan skor 1-2. 

Borussia Dortmund sebetulnya menguasai jalannya pertandingan. Marcus Reus dkk memegang 71 persen penguasaan bola. 

Namun apa boleh buat, sepasang gol dari Taiwo Awoniyi (57') dan Marvin (76') hanya bisa dibalas lewat Youssoufa Moukoko (60'). Dengan kekalahan ini, perjuangan Dortmund duntuk kembali bersaing di puncak makin sulit. 

Mereka baru menang satu kali dari lima laga terakhir di Bundesliga yang sisahnya adalah dua kali imbang dan dua kali kalah. Dortmund melorot ke peringkat empat klasemen berselisih enam angka dari sang pemuncak, Bayer Leverkusen. 

Buruknya penampilan Dortmund ini tak terlepas dari absennya bintang muda mereka, Erling Haaland. Haaland terkonfirmasi mengalami cedera hamstring pada 3 Desember lalu. Ia diperkirakan bakal absen hingga awal tahun 2021. 

Dalam masa cederanya, Haaland telah melewatkan enam laga Dortmund baik di Bundesliga maupun di Liga Champions. Dari enam pertandingan tersebut, Dortmund meraih 2 menang, 2 seri, dan 2 kalah. Dortmund mencetak 8 gol dan kebobolan 11 gol. 

© Focke Strangmann - Pool/Getty Images
Selebrasi pemain Stuttgart usai mengalahkan Borussia Dortmund Copyright: Focke Strangmann - Pool/Getty ImagesSelebrasi pemain Stuttgart usai mengalahkan Borussia Dortmund

Dua kekalahan itu sendiri termasuk ketika mereka dibantai 1-5 oleh VfB Sttutgart di Signal Iduna Park. Kekalahan atas Stuttgart itu sampai menggiring pemecatan pelatih Lucien Favre. 

Ketergantungan Haaland

Borussia Dortmund memang begitu ketergantungan akan kehadiran Erling Haaland dalam meraih kemenangan musim ini. Sebetulnya, situasi ini sudah dirasakan sejak musim lalu kala dirinya bergabung pada musim dingin.

Striker yang masih berusia 20 tahun itu sudah mencetak 10 gol dan 2 assist dari 8 pertandingan Bundesliga 2020-2021 ini. Haaland juga jadi andalan di Liga Champions dengan torehan 6 gol dari 4 laga. 

Erling Haaland selalu berkontribusi dalam kemenangan Dortmund ketika dirinya ikut bermain. Tercatat, dari enam kemenangan Bundesliga yang diraih Haaland bersama Dortmund, dirinya selalu menorehkan gol. 

Bahkan sebelum cedera, ia mencetak empat gol alias quatrik ke gawang Herta Berlin ketika timnya menang telak 2-5. Haaland juga sudah membuat dua kali brace sampai pekan ke-8 Bundesliga.

© Clemens Bilan - Pool/Getty Images
Pemain Borussia Dortmund, Emre Can dan Erling Braut Haaland, berselebrasi gol ke gawang Hertha Berlin pada pertandingan Bundesliga, Minggu (22/11/20) dini hari WIB. Copyright: Clemens Bilan - Pool/Getty ImagesPemain Borussia Dortmund, Emre Can dan Erling Braut Haaland, berselebrasi gol ke gawang Hertha Berlin pada pertandingan Bundesliga, Minggu (22/11/20) dini hari WIB.

Dua brace juga dicetak Haaland di Liga Champions, yakni masing-masing di laga kandang-tandang melawan Club Brugge yang berakhir dengan skor identik 3-0. 

Haaland selalu mencetak gol di empat laga yang ia ikuti di kompetisi tertinggi Eropa tersebut, yakni saat kalah 1-3 dari Lazio, menang 2-0 dari Zenit, dan menang dua kali dari Club Brugge. 

Maka tak heran jika Borussia Dortmund begitu merindukan sosok Erling Haaland. Andai saja ia bisa bermain, mungkin Die Borrusien tak terpuruk seperti saat ini. 

Beruntungnya, kabar terakhir melaporkan kondisi Erling Haaland mulai pulih lebih cepat dari dugaan. Ia dikabarkan bakal segera turun sebelum pergantian tahun. 

© Matthias Balk/picture alliance via Getty Images
Erling Haaland tertunduk lesu usai Borussia Dortmund kalah dari Augsburg Copyright: Matthias Balk/picture alliance via Getty ImagesErling Haaland tertunduk lesu usai Borussia Dortmund kalah dari Augsburg

Semoga saja kabar itu benar adanya sehingga Borussia Dortmund bisa segera kembali ke papan atas Bundesliga untuk bersaing di jalur juara dengan Bayern Munchen dan Bayer Leverkusen. Munchen sendiri musim ini juga tengah tampil inkonsisten.