In-depth

Tuah Diego Simeone Bersama Atletico Madrid di Penghujung Tahun 2020

Kamis, 31 Desember 2020 17:02 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© UEFA - Handout/UEFA via Getty Images
Diego Simeone menutup tahun 2020 bersama Atletico Madrid dengan catatan apik. Copyright: © UEFA - Handout/UEFA via Getty Images
Diego Simeone menutup tahun 2020 bersama Atletico Madrid dengan catatan apik.

FOOTBALL265.COM - Diego Simeone berhasil membawa Atletico Madrid memuncaki klasemen sementara LaLiga Spanyol di penghujung tahun 2020.

Kepastian tersebut didapat setelah Los Rojiblancos memenangkan pertandingan kontra Getafe, Kamis (31/12/20) dini hari WIB dengan skor 1-0. Luis Suarez adalah pahlawan tim yang mencetak gol tunggal pada menit ke-20.

Meskipun hanya menang tipis, keberhasilan Simeone menjadikan Los Rojiblancos juara akhir tahun 2020 patut diapresiasi. Apalagi, pesaing berat mereka seperti Real Madrid dan Barcelona sedang kurang bergigi awal musim ini.

Real Madrid baru saja menutup tahun 2020 dengan bermain imbang kontra klub promosi, Elche. Sementara itu, Barcelona yang terhempas dari lima besar juga meraih hasil serupa saat menghadapi Eibar.

Ya, dua raksasa yang biasanya paling mendominasi LaLiga Spanyol tersebut justru tidak berkutik di penghujung tahun. Biarlah untuk saat ini Atletico Madrid yang menikmati kejayaannya di puncak klasemen.

Kebahagiaan kubu Los Rojiblancos semakin lengkap dengan catatan yang baru saja diraih Simeone. Pasalnya, ia menjadi pelatih kedua Atletico Madrid yang mencapai 500 pertandingan ketika timnya melawan Getafe di pertandingan semalam.

Sekadar tambahan informasi, posisi pertama untuk kategori ini masih dipegang oleh Luis Aragones dengan catatan 611 pertandingan.

Diego Simeone pertama kali menginjakkan kaki di Atletico Madrid pada Desember 2011 menggantikan Gregorio Manzano. Mungkin pada waktu itu, pelatih kelahiran Argentina tersebut tidak menyangka akan bertahan begitu lama menangani klub ini.

Sembilan tahun tentu bukan waktu yang sebentar, meski ada banyak pelatih di luar sana yang pernah mengabdi jauh lebih lama seperti Sir Alex Ferguson di Manchester United atau Arsene Wenger di Arsenal.

Akan tetapi, kehadiran Simeone di Atletico Madrid sudah begitu ikonik di mata para penikmat sepak bola, tidak kalah dengan para pelatih legendaris yang lebih senior darinya.

Jika dibandingkan sejumlah klub yang kerap gonta-ganti pelatih, Atletico Madrid pun terhitung setia pada Simeone dan begitu pula sebaliknya.