Liga Indonesia

Fisik Pemain Amburadul, Shin Tae-yong Minta PSSI Secepatnya Gelar Kompetisi

Kamis, 11 Februari 2021 11:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Pipit Puspita Rini
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meminta PSSI secepatnya menggulirkan kompetisi untuk membantu meningkatkan kualitas timnas. Ia berharap PSSI bisa melobi kepolisian sehingga izin kompetisi bisa diberikan.

Menurut Shin Tae-yong, vakumnya sepak bola Indonesia satu tahun terakhir berdampak pada fisik para pemain. Terbukti, dari 35 nama yang dipanggil untuk pemusatan latihan bulan ini, rata-rata kondisinya hanya sekitar 30 persen dari yang seharusnya 100 persen. 

"Jadi menurut saya liga harus bergulir, jujur saya tidak tahu kenapa, tapi mungkin bisa contoh liga Korea Selatan dimulai tanpa penonton nanti bertahap bisa 20 atau 30 persen penonton masuk," kata Shin Tae-yong.

"Jadi semoga liga bisa dimainkan. Mungkin PSSI harus bicara sama kapolri biar bisa lancar," ujar Shin Tae-yong menambahkan.

Vakumnya kompetisi sepak bola nasional satu tahun belakangan dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Selain itu, pihak kepolisian tak kunjung memberikan izin (pertandingan) meski PSSI sudah berulang kali melakukan lobi sejak tahun lalu. 

Permintaan Shin Tae-yong tersebut juga sudah didengar langsung oleh ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. Iwan Bule (sapaan Iriawan) memahami betul kesulitan yang dirasakan pelatih asal Korea Selatan itu dan berjanji mengusahakan yang terbaik. 

PSSI sudah melakukan pertemuan dengan kepolisian, Menpora, KONI, dan lainnya untuk membahas mengenai izin kompetisi. Kepolisian sejatinya sudah memberikan lampu hijau, tapi belum resmi mengeluarkan izin.