In-depth

Roberto Mancini: 'Sukarelawan' yang Membuat Italia Kembali Terbang

Sabtu, 27 Maret 2021 10:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Claudio Villa/Getty Images
Roberto Mancini saat latih Timnas Italia. Copyright: © Claudio Villa/Getty Images
Roberto Mancini saat latih Timnas Italia.

FOOTBALL265.COM – Timnas Italia menjadi salah satu kesebelasan yang diunggulkan meraih Euro 2020 (Euro 2021) mendatang. Tentu, prediksi ini seakan menjadi pengakuan kerja keras Roberto Mancini yang berhasil mengangkat Gli Azzurri dari keterpurukan.

Pada 2017 lalu, dunia sepak bola dikejutkan dengan kegagalan Italia melangkah ke putaran final Piala Dunia 2018. Saat itu, Gli Azzurri tumbang secara agregat dengan skor 0-1 dari Swedia di babak Play-off zona Eropa.

Padahal saat itu Italia dihuni nama-nama besar. Sebut saja Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Daniele De Rossi, Giorgio Chiellini, Andrea Belotti, dan Ciro Immobile.

Sayangnya nama-nama besar pemainnya tak begitu saja membuat Italia otomatis lolos ke Piala Dunia 2018. Tak pelak, sang pelatih Gian Piero Ventura didepak dari jabatannya.

Sejatinya, pendepakan Gian Piero Ventura tak berjalan mudah. Sebab, ia masih terikat kontrak hingga 2020. Meski begitu, keputusan telah diambil. Alhasil Timnas Italia menunjuk Roberto Mancini sebagai suksesornya.

Mancini ditunjuk kendati dirinya tengah menangani Zenit St. Petersburg. Penunjukkannya pun banyak menuai kritikan yang menganggap pria berusia 56 tahun ini tak begitu cakap dalam melatih sehingga berkarier di Rusia.

Anggapan miring itu dibalas oleh Mancini yang menyebutkan dirinya mengambil pekerjaan tersebut karena tak ada pelatih yang mau mengambil jabatan pelatih Timnas Italia.

“Saat saya tiba, tak ada yang mau menjadi pelatih Italia. Mereka (FIGC) lalu meminta saya dan saya menyetujuinya,” tutur Mancini dikutip dari Football Italia.

Meski Roberto Mancini maju menjadi pelatih layaknya sukarelawan, toh mantan pelatih Inter Milan ini ternyata mampu mengangkat derajat Italia kembali yang terpuruk dan menjadi kandidat kuat sebagai kampiun UEFA Nations League 2020/21 dan Euro 2020.